cara memulai bisnis kreatif dari nol

10 cara memulai bisnis kreatif dari nol dengan mudah

0 views

Saat ini pemerintah mulai mendukung gerakan industri di bidang kreatif. Salah satunya adalah pembentukan Badan Ekonomi Kreatif atau sering disebut dengan Bekraf yang akan membantu para pelaku industri agar terus mengembangkan usahanya. Beberapa bidang industri kreatif saat ini yang didukung pemerintah seperti industri film, aplikasi smartphone, game dan lainnya. Tentu saja ini juga bisa menjadi peluang besar bagi anda untuk ikut dalam pengembangan industri kreatif. Apalagi bila anda memiliki skill yang mumpuni hal itu akan memberikan kekuatan sangat baik dan menguntungkan.

Untuk memulai bisnis kreatif ini anda membutuhkan beberapa perhitungan. Hal ini tidak hanya berkaitan dengan besaran modal yang dimiliki. Selain itu, dukungan sumber daya juga memberikan pengaruh terhadap proses berjalanan bisnis kreatif itu. Persiapan ini dianggap membantu anda untuk menerapkan rencana jangka panjang dari bisnis yang anda lakukan.

Berikut ini ada 10 cara memulai bisnis kreatif dari nol yang bisa anda lakukan dengan cukup mudah, seperti:

  1. Mulailah dengan rincian konsep yang jelas

Konsep menjadi bagian penting dari cara memulai bisnis kreatif dari nol. Anda harus menentukan konsep secara rinci terhadap produk industri kreatif yang akan dibuat. Biasanya ada beberapa pilihan produk industri kreatif yang bisa anda lakukan. Misalnya saja anda akan membuat konsep tentang aplikasi layanan di smartphone, membuat film animasi hingga mengembangkan game sendiri. Tentu saja pilihan produk dari industri kreatif seperti ini membutuhkan konsep pengembangan yang sangat baik. Perencanaan seperti ini juga akan memudahkan anda untuk menentukan langkah berikutnya. Konsep yang baik biasanya sudah memiliki metode perhitungan modal yang dibutuhkan.

 

  1. Tentukan platform yang akan digunakan

Saat ini ada banyak platform yang akan membantu anda untuk menjalankan bisnis di industri kreatif. Misalnya saja saat anda memutuskan untuk membuat film sebaiknya tentukan genre yang akan diambil. Anda bisa mencoba untuk membuat film pendek animasi dengan mengambil konsep webseries. Hal ini tentu saja akan berkaitan dengan penggunaan media video sharing seperti platform Youtube. Anda harus menguasai tentang platform youtube untuk mendapatkan lebih banyak penonton. Cara seperti ini juga bisa dilakukan dengan menggunakan platform sistem operasi smartphone tertentu untuk memaksimalkan aplikasi layanan yang anda buat. Semakin banyak platform yang anda kuasai biasanya akan memudahkan anda untuk menjalankan bisnis di industri kreatif.

 

  1. Rekrut sumber daya tambahan

Cara memulai bisnis kreatif dari nol selanjutnya adalah dengan memaksimalkan sumber daya manusia. Bila anda memiliki kemampuan untuk menciptakan produk industri kreatif tentu saja hal itu tidak bisa dilakukan dengan sendiri. Hal ini justru akan membuat produk anda tidak maksimal. Anda membutuhkan partner atau sumber daya tambahan yang bisa diajak untuk brain stroming atau bertukar ide. Selain itu, sumber daya seperti ini juga akan memudahkan anda untuk menyelesaikan produk industri kreatif dengan waktu yang lebih cepat. Mungkin anda bisa mencoba untuk merekrut sesuai dengan pembagian bidang masing-masing. Misalnya saja anda membutuhkan editor tambahan agar hasil akhir dari pembuatan film menjadi lebih maksimal dan menarik.

 

  1. Gunakan perlengkapan mumpuni

Perencanaan untuk memulai bisnis kreatif seperti ini juga membutuhkan perlengkapan yang sangat maksimal. Semakin baik kualitas dari perlengkapan itu tentu saja anda juga akan semakin mudah untuk membuat produk. Beberapa perlengkapan ini masih berkaitan dengan proses produksi seperti komputer atau laptop dengan spesifikasi tinggi. Namun, kebutuhan perlengkapan ini juga akan disesuaikan dengan produk yang anda buat. Bila anda ingin membuat produk game mobile atau pc mungkin anda membutuhkan tambahan perlengkapan simulator yang cukup baik. Hal penting yang harus anda pertimbangkan adalah sesuaikan kemampuan modal anda terhadap perlengkapan yang dibutuhkan.

 

  1. Lakukan uji coba

Tentu saja uji coba juga menjadi bagian dari cara memulai bisnis kreatif dari nol. Berbagai produk yang menjadi konsep utama anda membutuhkan uji coba melalui platform yang tersedia. Ini dilakukan untuk mendapatkan respon atau tanggapan dari orang-orang yang ingin melihat atau menggunakan secara langsung. Misalnya saja bila anda membuat film animasi atau film durasi panjang cobalah membuat teaser atau trailer yang diposting melalui Youtube. Bahkan, anda juga bisa melakukan uji coba terhadap aplikasi layanan untuk menghindari bug atau gangguan saat digunakan melalui smartphone.

 

  1. Terus belajar dari para pakar

Untuk meningkatkan kemampuan anda dalam menghasilkan produk berkualitas teruslah belajar. Cara seperti ini memang sangat efektif untuk memaksimalkan produk yang anda tawarkan. Bahkan, anda juga bisa mengikuti beberapa forum yang disesuaikan dengan minat dan platform produk yang dibuat. Metode sharing informasi akan menguatkan anda dan memberikan keyakinan yang kuat agar tidak mudah menyerah saat menghadapi kegagalan. Salah satu metode yang paling mudah untuk dilakukan adalah dengan mengikuti seminar atau workshop dari para pakar.

 

  1. Siapkan dana sesuai kemampuan

Ini adalah cara memulai bisnis kreatif dari nol yang sangat penting. Anda tidak akan bisa menghasilkan produk kreatif tanpa dukungan dana yang kuat. Bahkan, perhitungan dana juga akan memberikan kemudahan bagi anda untuk menentukan perencanaan jangka panjang. Biasanya beberapa orang yang memulai bisnis ini akan menggunakan swadaya dana sendiri. Namun, bila hal itu dirasa kurang sebaiknya lakukan pencarian dana melalui crowdfunding atau meminta bantuan langsung kepada Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)

 

  1. Mengikuti berbagai kompetisi

Cara ini akan membuat mental anda menjadi lebih tahan banting. Saat ini ada banyak kompetisi produk kreatif yang sering dilakukan oleh perusahaan besar atau instansi pemerintah. Ini bisa menjadi batu loncatan yang sangat baik bagi anda. Produk yang anda miliki harus disertakan dalam berbagai kompetisi untuk mengetahui kualitas hingga pengelolaan yang anda lakukan. Menjadi pemenang harus dianggap sebagai bonus dari bisnis kreatif yang anda tekuni. Hal yang paling penting adalah pengalaman saat menyertakan produk anda sehingga dinilai oleh orang-orang profesional.

 

  1. Lakukan branding

Setiap produk kreatif yang anda hasilkan harus memiliki branding yang baik. Hal ini juga berlaku untuk film, game, aplikasi layanan dan lainnya. Cara seperti ini akan memudahkan anda untuk mengenalkan produk atau layanan yang anda miliki kepada orang lain. Apalagi anda juga akan semakin mudah untuk mendapatkan investor bila menerapkan branding yang sangat baik. Metode ini juga dianggap akan memudahkan para investor untuk memberikan perencanaan jangka panjang.

 

  1. Terapkan inovasi sesuai feedback

Setiap produk kreatif yang anda buat harus mendapatkan inovasi secara berkala. Ini bisa dimulai dengan menggunakan feedback yang berasal dari para pengguna atau penikmat dari produk kreatif yang anda buat. Biasanya sebagian dari feedback juga bisa berupa ide tambahan yang akan menjadi pertimbangan penting bagi anda untuk melakukan perubahan dari beberapa sisi. Jadikan saran atau kritikan terhadap produk itu sebagai modal utama untuk sukses dalam jangka panjang.

Leave a Reply