strategi bisnis makanan ringan kemasan

10 strategi bisnis makanan ringan kemasan terbaru

Bisnis kuliner memang selalu berkembang dengan sangat pesat. Apalagi saat ini metode pemasaran yang dilakukan para pemilik produk makanan ringan itu juga sudah menggunakan teknologi internet. Tentu saja pola seperti ini akan semakin mudah untuk mengenalkan pilihan produk hingga mendapatkan keuntungan yang lebih besar. Salah satunya adalah dengan memanfaatkan sosial media seperti Instagram dan Facebook untuk mengenalkan produk makanan ringan itu. Tren seperti ini semakin meningkat dengan adanya kemudahan pemasaran melalui pengiriman transportasi online. Seluruh peluang seperti ini akan membuat bisnis makanan ringan anda semakin baik.

Sebenarnya anda juga bisa mempertimbangkan beberapa strategi bisnis makanan ringan kemasan yang juga memberikan pengaruh besar terhadap omset dan profit. Hal ini juga akan membantu anda untuk mendapatkan perencanaan jangka panjang dalam pengembangan unit bisnis.

Berikut ini ada 10 strategi bisnis makanan ringan kemasan yang bisa anda coba untuk meningkatkan penjualan dan keuntungan, seperti:

  1. Melakukan riset pasar

Ini adalah langkah pertama yang menjadi bagian dari strategi bisnis makanan ringan kemasan. Sebelum anda memutuskan untuk berbisnis makanan ringan sebaiknya lakukan riset pasar kecil-kecilan. Hal ini untuk mengetahui jenis makanan ringan yang banyak digemari. Bahkan, anda juga bisa menentukan pangsa pasar dengan mendapatkan informasi tentang lokasi penjualan yang sangat strategis. Riset pasar ini bisa dilakukan secara konvensional melalui perilaku konsumen atau orang-orang yang membeli berbagai makanan ringan. Selain itu, melalui riset ini anda juga bisa mendapatkan berbagai rekomendasi rasa dari produk yang anda jual kepada para pelanggan.

 

  1. Menentukan produk makanan ringan

Selanjutnya anda harus menentukan produk makanan ringan yang akan dijual. Saat ini ada banyak pilihan makanan ringan kemasan yang bisa ditawarkan kepada para pelanggan. Anda bisa menjual produk makanan ringan keripik kentang. Apalagi peminat keripik kentang juga semakin banyak. Selain itu, ada juga pilihan produk makanan ringan yang berasal dari olahan pisang. Anda bisa membuat produk pisang goreng kemasan atau membuat keripik kentang dengan bentuk dan rasa yang menarik.

 

  1. Menerapkan branding yang baik

Strategi bisnis makanan ringan kemasan lainnya yang harus anda lakukan adalah dengan menerapkan branding. Metode seperti ini dianggap akan menaikkan nilai jual dari produk makanan ringan itu. Branding seperti ini biasanya dilakukan dengan membuat logo, memberikan nama merek hingga menentukan proses kemasan yang sangat baik. Anda harus memberikan nama yang sesuai dengan produk itu. Hal ini dilakukan untuk memudahkan para konsumen mengenal produk itu. Logo pada kemasan juga menjadi bagian penting dari branding untuk produk makanan itu. Apalagi logo ini juga bisa anda sebar di berbagai platform seperti sosial media.

 

  1. Membuat kemasan unik

Kemasan yang anda gunakan sebagai pembungkus dari makanan ringan ini juga harus tampil menarik. Bahkan, anda juga bisa membuat kemasan yang menjadi karakter atau ciri khas produk yang anda jual. Ini juga menjadi bagian penting dari pemasaran yang unik. Semakin menarik kemasan yang anda gunakan sebagai pembungkus biasanya hal itu juga membuat orang lain penasaran dan ingin mencoba membeli. Namun, perhatikan juga kualitas dari bahan baku atau material yang digunakan sebagai kemasan itu. Ini dilakukan agar makanan ringan tetap terjaga kualitas rasa dan bentuknya. Jangan lupa untuk menempatkan logo dari produk makanan ringan atau bisnis anda di luar kemasan.

 

  1. Menggunakan bahan baku berkualitas

Ini adalah hal yang wajib anda terapkan dalam strategi bisnis makanan ringan kemasan. Bahan utama yang anda jadikan sebagai produk makanan ringan itu harus memiliki kualitas yang sangat baik. Jangan ambil resiko menggunakan bahan baku kualitas rendah hanya karena ingin menghemat modal produksi. Apalagi beberapa orang juga akan merasakan kualitas dari bahan baku yang anda gunakan. Semakin baik kualitas dari bahan baku seperti itu tentu saja rasa yang dimiliki makanan ringan akan semakin baik. Pastikan juga anda menggunakan berbagai perlengkapan proses produksi secara higienis. Ini dilakukan untuk meningkatkan kualitas dan rasa dari makanan itu sendiri.

 

  1. Menentukan target pasar

Target pasar menjadi sangat penting dari bisnis yang anda jalankan seperti ini. Anda harus menentukan target pasar yang akan disasar untuk menawarkan produk makanan ringan itu. Cara yang paling mudah adalah dengan menggunakan hasil riset yang telah anda lakukan. Selain itu, anda juga bisa mencoba memperhatikan perilaku dari beberapa orang yang memang menggemari makanan ringan. Beberapa pilihan target pasar yang bisa anda perhitungkan adalah menengah kebawah, menengah dan menengah keatas. Masing-masing dari target pasar seperti ini memiliki karakter berbeda. Hal ini juga disesuaikan dengan harga dan kualitas produk makanan ringan itu.

 

  1. Menentukan metode pemasaran

Ada banyak cara yang bisa anda lakukan untuk melakukan pemasaran terhadap produk makanan ringan itu. Salah satu strategi bisnis makanan ringan kemasan yang berkaitan dengan metode pemasaran bisa terdiri konvensional atau secara online. Masing-masing dari metode seperti ini memiliki kelebihan. Anda bisa memperhitungkan biaya yang akan dikeluarkan hingga hasil yang akan didapat. Bahkan, anda juga bisa melakukan dua metode itu sekaligus. Anda bisa menjual produk secara konvensional dengan menempatkan di rak-rak supermarket atau dengan memanfaatkan sosial media seperti instagram atau facebook.

 

  1. Menciptakan tren

Salah satu cara mudah untuk meningkatkan bisnis anda dengan keuntungan besar adalah dengan menciptakan tren sendiri. Anda bisa menawarkan produk makanan ringan ini melalui tren yang sudah menyebar di sosial media. Misalnya saja anda membuat kemasan yang unik sehingga orang lain penasaran terhadap produk anda. Cara seperti ini memang memiliki dampak yang cukup besar. Namun, anda harus memperhitungkan waktu yang tepat untuk menciptakan tren yang sangat ideal. Pilihan lain mungkin dengan menawarkan produk makanan ringan dengan kualitas terbaik namun harga yang sangat terjangkau. Ini bisa menjadi cara yang paling ideal.

 

  1. Menggunakan platform sosial media

Sosial media memang memberikan kemudahan bagi anda untuk menawarkan produk apapun. Termasuk dengan mengenalkan produk makanan ringan yang akan dipasarkan. Namun, cara menggunakan sosial media ini sebaiknya tidak hanya berjualan saja. Anda bisa memberikan pengetahuan produk yang berkaitan dengan makanan ringan itu. Misalnya saja kandungan nutrisi yang terkandung dari produk makanan ringan itu. Pengetahuan lain mungkin keunggulan produk makanan ringan itu bila dibandingkan dengan makanan lain yang sejenis.

 

  1. Menerima saran dari para pelanggan

Anda akan membutuhkan pengembangan produk melalui saran atau feedback yang berasal dari pelanggan. Saran seperti ini bisa dijadikan sebagai modal untuk melakukan perubahan atau meningkatkan kualitas dari produk makanan ringan itu. Apalagi cara ini juga bisa mendekatkan para konsumen kepada produk yang akan anda jual berikutnya. Jangan lupa untuk memberikan harga khusus bagi para pelanggan loyal agar mereka terus memberikan feedback yang anda butuhkan.

Leave a Reply