strategi bisnis toko sembako

10 strategi bisnis toko sembako yang menguntungkan

Peluang usaha yang bisa anda lakukan dengan modal kecil mungkin dengan mempertimbangkan untuk membuka toko sembako. Bisnis seperti ini memang cukup menarik perhatian. Apalagi bila anda menerapkan strategi yang baik akan menghasilkan keuntungan yang sangat besar. Tentu saja peluang seperti ini menjadi pertimbangan utama untuk menggunakan metode penjualan yang lebih baik. Untuk memulai bisnis toko sembako ini anda bisa memaksimalkan lahan kosong atau bangunan yang anda di sekitar rumah anda. Cara seperti ini bisa menghemat penggunaan modal menjadi lebih maksimal.

Anda membutuhkan strategi bisnis toko sembako yang bisa memudahkan anda untuk mendapatkan keuntungan besar dalam jangka waktu yang cukup singkat. Namun, jumlah modal yang dimiliki juga mempengaruhi anda untuk menjalankan perencanaan bisnis ini dalam waktu lama. Rekomendasi strategi dan tips bisnis ini juga mudah untuk dijalankan. Berikut ini ada 10 strategi bisnis toko sembako yang bisa anda pertimbangkan untuk dilakukan, seperti:

  1. Mulai menghitung jumlah modal yang dimiliki

Salah satu dari strategi bisnis toko sembako dimulai dengan menghitung jumlah modal yang anda miliki. Cara seperti ini sangat efektif untuk menentukan pola bisnis yang akan anda jalankan. Selain itu, modal ini juga akan mempengaruhi tempat yang digunakan hingga berbagai pilihan bahan baku atau produk yang dijual. Semakin besar modal yang anda miliki biasanya akan memudahkan anda untuk segera membuka toko dengan skala besar. Namun, sebaiknya seluruh modal yang anda miliki tidak digunakan dalam waktu cepat. Ini dilakukan untuk menjadikan sisa modal sebagai simpanan bila bisnis anda membutuhkan tambahan biaya sewaktu-waktu. Bahkan, cara ini juga bisa memberikan peluang besar untuk memaksimalkan hasil atau keuntungan yang dimiliki.

 

  1. Menentukan tempat yang sangat strategis

Tentu saja anda membutuhkan tempat yang sangat strategis untuk menjalankan bisnis itu. Cobalah untuk menggunakan lokasi yang banyak dilalui oleh orang lain. Selain itu, ukuran tempat yang digunakan untuk toko sembako ini sebaiknya cukup besar. Ini dilakukan agar memudahkan anda untuk menempatkan banyak barang atau produk yang dijual. Selain itu, toko dengan ukuran besar juga akan membuat anda semakin nyaman menentukan tata letak dari perlengkapan yang dibutuhkan. Tempat seperti ini juga harus disesuaikan dengan alokasi modal yang anda miliki. Ini dilakukan untuk menghindari pengeluaran yang terlalu besar. Mungkin anda juga bisa memulai bisnis toko sembako ini dengan memanfaatkan bagian depan rumah.

 

  1. Menjual produk berkualitas

Strategi bisnis toko sembako seperti ini menjadi hal yang sangat penting. Seluruh produk atau bahan baku yang anda tawarkan melalui toko sembako ini sebaiknya memiliki kualitas yang sangat baik. Hal ini untuk memberikan pelayanan dan kepuasan dari para pembeli. Apalagi semakin baik kualitas dari produk yang anda jual biasanya akan menjadi pertimbangan utama dari banyak pembeli. Jenis produk sembako menjadi hal yang utama untuk mendapatkan kualitas yang lebih baik. Kebutuhan sembako seperti beras, minyak goreng, gula pasir, telur dan lainnya merupakan bahan baku yang paling banyak dicari para pembeli. Jangan pernah mengecewakan pembeli dengan menjual produk berkualitas rendah.

 

  1. Menawarkan harga yang lebih murah

Cobalah tawarkan harga yang lebih murah untuk seluruh produk yang anda tawarkan. Strategi ini memang untuk menarik perhatian banyak pembeli. Namun, anda juga memiliki keuntungan lain dari penawaran harga yang lebih murah ini. Hal ini dilakukan agar sirkulasi atau keluar masuknya barang dan bahan baku sembako bisa lebih cepat. Apalagi bahan baku sembako juga biasanya mengalami perubahan kualitas bila disimpan terlalu lama. Bila harga yang anda tawarkan cukup terjangkau tentu saja ini akan membantu produk atau bahan baku sembako yang baru lebih cepat datang. Perhitungan ini bisa dimulai dengan menentukan margin yang tidak terlalu besar dari setiap item yang anda jual di toko sembako itu.

 

  1. Menerapkan sistem keuangan profesional

Rekomendasi lain dari strategi bisnis toko sembako adalah dengan menggunakan cara kerja yang lebih profesional. Sistem seperti ini akan berlaku pada laporan atau perhitungan keuangan. Biasanya hal ini akan membantu anda untuk menentukan perhitungan untuk barang yang masuk dan barang yang keluar. Anda bisa menggunakan berbagai aplikasi untuk memudahkan perhitungan dari keuangan setiap minggu atau bulan. Pilihan lain yang bisa anda coba adalah dengan merekrut pegawai tambahan yang khusus mengelola atau mengerjakan laporan keuangan. Anda akan membutuhkan hasil analisis laporan keuangan untuk mengetahui perkembangan bisnis dalam waktu yang cukup lama.

 

  1. Menawarkan promosi produk tertentu

Strategi promosi bisa menjadi salah satu bagian penting untuk meningkatkan keuntungan. Cara seperti ini juga akan membantu anda untuk mendatangkan para pembeli dalam jumlah yang cukup banyak. Anda bisa memulainya dengan menawarkan pemotongan harga untuk bahan baku sembako tertentu. Misalnya saja dengan pilihan beras yang kurang banyak peminat bisa anda berikan promosi dengan pembelian dalam jumlah tertentu. Selain itu, anda juga bisa menawarkan paket promosi bila membeli sembako dengan beberapa item sekaligus. Metode ini harus dilakukan dengan perhitungan dari margin yang sudah anda tentukan.

 

  1. Tata letak toko sembako yang baik

Kenyamanan saat berbelanja juga bisa menjadi bagian dari strategi bisnis toko sembako. Hal ini akan berkaitan dengan tata letak sembako yang anda terapkan secara menyeluruh. BIla anda memiliki ukuran toko yang lebih besar cobalah untuk membuat tata letak yang cukup baik. Biasanya hal ini dilakukan dengan menentukan penempatan bahan baku sesuai jenis dan jumlahnya. Khusus bahan sembako sebaiknya tempatkan di bagian paling depan toko anda. Ini untuk memudahkan para pembeli menentukan produk yang diinginkan.

 

  1. Metode marketing yang lebih modern

Cobalah untuk menerapkan strategi marketing atau pemasaran yang lebih modern. Misalnya saja dengan membuat label pada setiap produk yang anda tawarkan di toko sembako itu. Selain itu, gunakan banner yang menampilkan seluruh harga dari bahan baku sembako itu. Banner ini akan dipasang di depan toko atau pinggir jalan. Anda juga bisa memanfaatkan sosial media agar orang lain yang anda di sekitar toko anda juga bisa mengetahui harga dengan sangat mudah.

 

  1. Menawarkan berbagai pilihan produk

Selain bahan baku sembako mungkin anda bisa menempatkan beberapa pilihan produk kebutuhan rumah tangga. Cara seperti ini memang akan menarik perhatian banyak pembeli. Apalagi bila produk tambahan yang anda tempatkan di toko itu memiliki harga yang lebih terjangkau dibandingkan dengan minimarket atau supermarket. Jangan lupa untuk selalu menawarkan barang-barang kebutuhan rumah tangga yang berkualitas.

 

  1. Memberikan layanan maksimal

Hal ini harus anda lakukan setiap hari kepada para pelanggan. Layanan ini bisa dengan memberikan informasi setiap bahan baku atau produk produk baru. Selain itu, layanan yang diberikan juga bisa berupa pengemasan dari seluruh bahan baku sembako. Hal ini akan memberikan rasa nyaman kepada para pelanggan bila datang ke toko anda.

Leave a Reply