strategis bisnis untuk para pemula

10 strategi bisnis untuk para pemula dengan modal kecil

Anda memiliki peluang untuk memulai bisnis dengan sangat mudah. Bahkan, peluang usaha ini biasanya tidak membutuhkan modal yang sangat besar. Tentu saja anda juga harus memiliki minat dan kemampuan pengelolaan bisnis yang baik. Hal ini juga berlaku bagi anda yang masih dianggap sebagai pemula dalam menjalankan bisnis. Jangan khawatir karena ada beberapa rekomendasi metode yang akan membantu anda untuk memaksimalkan bisnis itu menjadi lebih baik.

Strategis bisnis untuk para pemula yang dibutuhkan memang tidak hanya berdasarkan modal besar. Bahkan, anda juga berkesempatan untuk memaksimalkan peluang bisnis dengan modal yang cukup kecil. Cara seperti ini juga akan memudahkan anda untuk membuat perencanaan jangka panjang dari bisnis yang anda jalankan.

Berikut ini ada 10 strategis bisnis untuk para pemula yang bisa menjadi landasan dan memberikan keuntungan cukup besar bagi anda:

  1. Menentukan konsep bisnis yang jelas

Strategis bisnis untuk para pemula seperti ini akan menjadi hal yang sangat utama. Untuk memulai bisnis anda memang harus menentukan konsep yang jelas. Ini dilakukan untuk memaksimalkan penggunaan modal hingga pengelolaan bisnis dalam jangka panjang. Konsep ini biasanya berupa ide yang mudah untuk diterapkan secara nyata. Bahkan, anda juga harus memperhitungkan waktu untuk menggunakan ide konsep itu sebagai bagian dari bisnis yang dijalankan. Konsep ide bisa anda dapatkan melalui sharing informasi dari berbagai pelaku bisnis lainnya, memulai mencari literature bisnis atau melakukan riset secara acak. Masing-masing pola seperti ini akan memberikan dampak yang sangat besar.

 

  1. Membentuk pola pikir bisnis

Ini adalah hal penting yang harus anda miliki. Mindset pola bisnis yang benar akan mempengaruhi perjalanan bisnis anda. Pola pikir seperti ini tidak hanya berkaitan dengan modal dan keuntungan saja. Namun, metode pengelolaan dan konsep bisnis anda juga akan berkaitan satu dengan lainnya. Anda harus mulai memikirkan kekuatan dan kelemahan dari bisnis yang dijalankan. Pola pikir ini juga akan berkaitan dengan seluruh elemen bisnis yang dibutuhkan. Misalnya saja anda juga akan melakukan perencanaan jangka panjang melalui potensi bisnis yang dimiliki. Semakin baik potensi bisnis itu dengan peluang pasar yang besar seharusnya memiliki rencana yang lebih panjang.

 

  1. Meningkatkan minat bisnis

Anda harus tahu bahwa minat yang besar juga akan menjadi hal penting dari strategis bisnis untuk para pemula. Ketahui minat anda pada salah satu bisnis yang akan dijalankan. Hal ini biasanya akan memberikan pengaruh sangat besar pada peluang yang dimiliki. Apalagi semakin besar minat yang anda miliki biasanya akan semakin mudah untuk menjalankan bisnis itu. Ini juga berkaitan dengan waktu dan biaya yang akan anda gunakan selama berada di bisnis itu. Bila anda memiliki minat yang besar untuk mengembangkan sebuah bisnis yang besar biasanya hal itu tidak akan menjadi masalah. Apalagi untuk memulai bisnis akan membutuhkan waktu yang cukup lama agar bertahan dengan kompetisi yang sulit.

 

  1. Hanya fokus di salah satu unit bisnis

Cobalah untuk menentukan unit bisnis yang bisa dikerjakan dengan tingkat fokus yang lebih tinggi. Anda harus memilih salah satu unit bisnis saja agar seluruh ide dan minat anda bisa tercurah dengan sangat maksimal. Bila anda fokus pada salah satu bisnis saja hal itu akan memudahkan anda untuk mendapatkan informasi atau ide lain yang bisa dikembangkan menjadi lebih besar. Biasanya cara seperti ini juga akan membantu anda untuk menerapkan kreasi bisnis dengan pola yang cukup menarik. Bisnis yang anda jalankan dengan fokus yang sangat baik akan memberikan hasil yang sangat besar.

 

  1. Mulailah bisnis dari hal yang digemari

Strategis bisnis untuk para pemula seperti ini memang menjadi acuan beberapa orang. Anda juga bisa mempertimbangkan cara ini akan bisa memanfaatkan peluang bisnis dengan sangat baik. Misalnya saja anda memulai bisnis melalui hobi yang dimiliki. Ada banyak hobi yang memberikan keuntungan cukup besar misalnya. Mungkin anda bisa memulai dengan berbisnis barang antik. Bisnis ini dimulai dengan mengumpulkan barang antik lalu anda jual beberapa barang antik di komunitas atau forum tertentu. Selain itu, bisnis jasa juga bisa anda jalankan sesuai dengan hobi anda. Contohnya bila anda memiliki hobil desain grafis mungkin anda bisa menawarkan jasa desain grafis.

 

  1. Menciptakan peluang bisnis baru

Untuk memulai bisnis sebenarnya anda tidak harus mengikuti tren yang sudah ada. Mungkin sebagian orang merasa bahwa ini menjadi hal yang cukup penting. Namun, bila anda memilih untuk mengikuti tren tentu saja ada konsekuensi yang harus diterima. Misalnya saja kompetisi yang sangat rumit hingga peluang yang cukup kecil. Salah satu pilihan strategi bisnis yang bisa anda lakukan adalah dengan menciptakan peluang bisnis yang baru. Memang hal ini terkesan sangat sulit. Tetapi anda memiliki kesempatan yang besar untuk mencobanya. Hal ini bisa dimulai dengan melakukan riset kecil-kecilan terhadap hal yang diinginkan oleh banyak orang lalu dikonversi melalui produk tertentu. Cara ini bisa anda terapkan untuk bisnis kuliner.

 

  1. Melakukan riset terhadap peluang dan kompetitor

Kekuatan bisnis anda terletak pada karakter yang berbeda dibandingkan dengan kompetitor di bidang yang sama. Untuk mendapatkan karakter itu mungkin anda bisa melakukan riset terhadap kelebihan dan kekuaran dari bisnis yang dijalankan oleh kompetitor. Strategis bisnis untuk para pemula seperti ini memang akan memberikan dampak yang besar bagi anda. Riset seperti ini juga akan membantu anda untuk membuat produk yang lebih baik sehingga mendapatkan peluang yang lebih besar. Jadikan kelemahan kompetitor anda sebagai salah satu kekuatan penting. Riset ini juga bisa dilakukan dengan memperhatikan metode bisnis yang diterapkan oleh kompetitor.

 

  1. Menentukan target pasar yang jelas

Target pasar atau khalayak memiliki peran penting untuk memaksimalkan potensi bisnis anda. Tentu saja hal ini akan berkaitan dengan jumlah pelanggan atau konsumer yang memberikan pengaruh terhadap penjualaan produk. Bisnis yang anda jalankan harus memiliki pasar yang jelsas. Apalagi pelanggan yang menjadi sasaran utama harus spesifik. Cara seperti ini bisa dilakukan dengan menerapkan riset sederhana atau memperhatikan pola dari pelanggan para kompetitor.

 

  1. Melakukan strategi marketing digital

Seluruh bisnis akan membutuhkan metode pemasaran yang jelas. Cara seperti ini menjadi bagian untuk mendapatkan keuntungan yang besar. Anda bisa memanfaatkan teknologi digital dan internet sehingga jangkauan orang lain yang mengenal produk anda lebih luas. Selain itu, cara ini juga lebih efisien untuk mendapatkan pelanggan yang lebih spesifik dan membutuhkan produk yang anda jual.

 

  1. Melakukan branding

Branding memiliki pengaruh besar bagi pertumbuhan bisnis. Semakin baik branding yang anda lakukan biasanya akan membuat nilai jual menjadi lebih meningkat. Hal ini sebenarnya bisa dilakukan dengan mulai memperhatikan logo, kemasan produk hingga metode marketing. Apalagi branding juga akan membantu anda untuk mendapatkan perencanaan jangka panjang dari unit bisnis.

Leave a Reply