tips memulai bisnis laundry kiloan

10 strategi dan tips memulai bisnis laundry kiloan

Bisnis laundry kiloan dianggap mudah untuk dijalankan. Namun, anda juga harus memperhitungkan beberapa hal untuk mengembangkan bisnis ini hingga mendapatkan keuntungan yang lebih baik. Modal yang besar tidak cukup untuk membuat bisnis laundry bisa berjalan tahan lama. Ada hal lain yang harus anda pertimbangkan dan lakukan. Biasanya hal ini berkaitan dengan metode bisnis hingga pemasaran yang baik. Selain itu, kualitas dari hasil laundy yang anda tawarkan juga memberikan pengaruh sangat besar.

Anda akan membutuhkan strategi ideal yang bisa dilakukan dengan cukup mudah. Bahkan, modal kecil yang anda miliki sebenarnya bisa berpeluang untuk membuat bisnis laundry kiloan menjadi lebih baik. Pola seperti ini yang bisa diterapkan bagi anda yang ingin memulai bisnis laundry. Mungkin anda bisa mempertimbangkan 10 tips memulai bisnis laundry kiloan dengan strategi mudah, seperti:

  1. Menghitung seluruh modal

Modal menjadi hal yang sangat penting dari tips memulai bisnis laundry kiloan. Namun, ini bukan berarti anda harus memiliki modal yang besar agar bisnis laundry ini bisa berjalan lancar. Perhitungan modal yang kecil juga bisa memberikan keuntungan yang besar bila dikelola dengan sangat baik. Untuk memulai bisnis ini anda harus menghitung seluruh pengeluaran yang dibutuhkan. Biasanya ini akan berkaitan dengan pembelian perlengkapan yang akan mendukung bisnis laundry. Selain itu, modal ini juga akan disesuaikan dengan biaya produksi yang dibutuhkan dalam waktu tertentu. Misalnya anda juga harus menghitung biaya produksi atau pengeluaran regular dalam jangka waktu per bulan. Ini akan memberikan kemudahan bagi anda untuk mencatatkan laporan keuangan setiap bulan.

 

  1. Menentukan lokasi strategis

Untuk memulai bisnis ini anda harus menentukan lokasi yang sangat strategis. Ini akan membantu anda untuk menjalankan bisnis dengan mudah dan mendapatkan banyak pelanggan. Semakin strategis lokasi dari laundry kiloan itu biasanya akan semakin mudah orang lain untuk mencoba layanan jasa ini. Memang anda akan mengeluarkan biaya tambahan untuk mendapatkan lokasi strategis. Anda harus menyewa tempat yang mahal untuk dapat mengembangkan bisnis dengan sangat baik. Namun, bila anda memiliki rumah yang berada di lokasi strategis mungkin hal bisa menjadi pertimbangan penting. Apalagi anda juga bisa menghemat biaya sewa tempat.

 

  1. Menggunakan perlengkapan sederhana

Tips memulai bisnis laundry kiloan lainnya adalah cobalah untuk menggunakan perlengkapan sederhana terlebih dahulu. Ini dilakukan sebagai bagian dari penggunaan modal awal secara maksimal. Misalnya saja anda bisa menggunakan mesin cuci dan mesin pengering pakaian yang bekas pakai. Biasanya harga yang ditawarkan juga lebih murah. Namun, bila anda memang mengalokasikan dana untuk pembelian mesin baru itu juga bisa dilakukan. Sesuaikan seluruh perlengkapan yang anda gunakan dengan kondisi dari tempat laundry itu. Ini dilakukan untuk memberikan kenyamanan saat anda mulai menjalankan bisnis dalam waktu yang cukup lama. Perlengkapan lain yang anda butuhkan adalah timbangan, setrika dan lainnya.

 

  1. Tawarkan harga terjangkau

Mungkin anda bisa mencoba untuk menerapkan strategi pemasaran seperti ini. Biasanya banyak orang yang tertarik dengan harga jasa laundry kiloan yang cukup terjangkau. Namun, harga yang anda tawarkan seperti ini biasanya juga melalui riset terhadap para kompetitor. Sebelum menentukan harga jasa laundry kiloan ini mungkin anda bisa melakukan riset kecil-kecilan. Selisih harga yang lebih murah sedikit biasanya akan membuat banyak orang tertarik. Namun, jangan lupa untuk memberikan layanan terbaik dan kualitas hasil laundry yang semakin meningkat. Penawaran harga ini juga bisa diterapkan bagi para pelanggan atau member.

 

  1. Gunakan bahan baku laundry berkualitas

Tips memulai bisnis laundry kiloan berikutnya adalah selalu menggunakan bahan baku yang berkualitas. Beberapa bahan baku penting yang dibutuhkan untuk bisnis laundry kiloan ini seperti deterjen hingga pewangi pakaian. Ada banyak pilihan deterjen untuk laundry yang ada di pasaran. Sebaiknya anda memilih kualitas yang lebih baik. Biasanya harga dari deterjen itu memang cukup mahal. Namun, sekali lagi sebaiknya anda selalu memberikan hasil dan kualitas laundry yang maksimal. Ini akan membuat orang lain terus menggunakan jasa anda. Bahan lain seperti pewangi pakaian juga sediakan beberapa pilihan. Ini dilakukan agar orang lain tidak bosan.

 

  1. Selalu mengutamakan kualitas

Kualitas yang baik selalu menjadi kunci dari keberhasilan bisnis apapun. Ini harus diterapkan untuk bisnis laundry kiloan anda. Kualitas ini biasanya berkaitan dengan hasil laundry yang ditawarkan kepada para pelanggan. Selalu berikan hasil laundry yang bersih, rapi dan wangi. Hindari penggunaan deterjen yang membuat pakaian cepat luntur. Selain itu, terapkan metode pencucian yang sangat baik. Biasanya hal ini dilakukan dengan pemisahan pakaian sesuai dengan warna dan material. Untuk menjaga kualitas dari hasil laundry perhatikan juga air yang digunakan pada mesin cuci. Kadang-kadang kualitas air juga mempengaruhi hasil laundry.

 

  1. Rekrut sumber daya tambahan

Anda bisa mencoba untuk merekrut sumber daya tambahan untuk memudahkan proses bisnis dengan sangat baik. Hal ini juga akan mempercepat proses laundry bagi beberapa pelanggan. Biasanya pegawai yang akan direkrut akan mengerjakan beberapa bagian khusus seperti hanya menyetrika atau mencuci saja. Ini akan mempengaruhi hasil laundry. Perhatikan juga kemampuan dari pegawai yang anda rekrut. Semakin baik kemampuan yang dimiliki tentu saja beban pekerjaan anda juga akan semakin ringan.

 

  1. Berikan promo berjangka

Untuk menarik perhatian banyak orang coba terapkan metode promo berjangka. Promo ini biasanya dilakukan dengan memberikan harga khusus dalam waktu tertentu. Misalnya saja anda memberikan harga khusus bagi pelanggan yang ingin menggunakan jasa laundry minimal 5 kilo. Namun, promo ini hanya berlaku pada waktu tertentu saja. Ini dilakukan agar orang lain tertarik dan menunggu promo berjangka lainnya. Sebelum menerapkan promo ini coba hitung kembali pemasukan dan pengeluaran sesuai dengan buku keuangan anda.

 

  1. Tawarkan komunikasi dengan mudah

Kunci keberhasilan dari bisnis kecil dan menengah seperti ini termasuk dengan komunikasi yang baik kepada para pelanggan. Anda bisa memulainya dengan memberikan kontak person agar orang lain mudah untuk menghubungi anda. Selain itu, coba berikan informasi tambahan tentang pakaian yang akan dimasukkan dalam list laundry. Misalnya saja dengan metode pemisahan warna atau kotoran yang tidak bisa hilang dalam waktu cepat. Cara seperti ini mungkin akan memudahkan para pelanggan untuk mengerti tentang jenis pakaian mereka.

 

  1. Terima saran dari para pelanggan

Anda harus terus melakukan peningkatan kualitas dari layanan bisnis laundry kiloan ini. Salah satu caranya adalah dengan menerima saran atau masukan langsung dari pelanggan. Saran seperti ini akan membantu anda untuk melakukan perubahan atau peningkatan kualitas dari laundry. Anda bisa mencobanya dengan melakukan survey atau memberikan kuesioner kepada para pelanggan. Mungkin anda juga bisa bertanya langsung kepada para pelanggan tentang masukan tambahan untuk usaha itu.

Leave a Reply