tips untuk memulai usaha bisnis coffee shop

10 tips untuk memulai usaha bisnis coffee shop

Kopi sudah menjadi trend yang sangat populer di berbagai kalangan masyarakat. Bahkan, popularitas kopi juga semakin meningkat dengan adanya sosial media dan beberapa film yang membahas tentang kopi. Hal ini yang membuat sudah banyak orang yang ingin mencoba untuk meluangkan waktunya berbisnis kopi. Salah satu peluang usaha yang ingin dijalankan adalah dengan membuka coffee shop. Saat ini sudah banyak tempat atau online shop yang menjual berbagai perlengkapan coffee shop dengan pilihan harga yang cukup terjangkau. Jenis perlengkapan yang ditawarkan juga terdiri dari metode manual hingga menggunakan mesin yang cukup modern. Namun, untuk memulai bisnis ini sebaiknya perhitungkan beberapa hal penting.

Berikut ini ada 10 tips untuk memulai usaha bisnis coffee shop yang bisa anda coba pertimbangkan agar menguntungkan seperti:

  1. Menentukan ide atau konsep dari coffee shop

Ini adalah salah satu dari tips untuk memulai usaha bisnis coffee shop yang sangat penting. Sebelum anda memutuskan untuk membuka coffee shop sebaiknya pertimbangkan juga konsep yang akan digunakan. Hal ini akan berkaitan dengan menu hingga penyajian dari kopi itu sendiri. Apalagi saat ini ada banyak resep minuman kopi yang bisa anda coba tawarkan kepada para pengunjung. Semakin unik dan berbeda konsep dari coffee shop yang anda miliki biasanya akan diperhitungkan oleh orang lain. Tentu saja ini menjadi kekuatan utama bagi anda untuk mendapatkan pengunjung yang lebih banyak.

 

  1. Tentukan target khalayak utama

Anda juga harus menentukan target pasar anda dengan sangat jelas. Tips untuk memulai usaha bisnis coffee shop akan membantu anda untuk menjalankan bisnis dengan cukup mudah. Bila perlu anda bisa melakukan riset terhadap para penikmat kopi. Hasil riset itu biasanya akan memudahkan anda untuk menentukan target pasar yang sangat ideal. Ini juga akan berpengaruh pada konsep dari coffee shop itu sendiri. Bila anda menyasar kalangan menengah hingga kebawah biasanya harga dari setiap menu yang ditawarkan mungkin lebih terjangkau. Namun, bila anda menentukan target pasar itu adalah menengah hingga keatas tentu saja menu yang ditawarkan bersifat premium.

 

  1. Memilih lokasi yang strategis

Tips untuk memulai usaha bisnis coffee shop lainnya adalah memilih lokasi yang sangat strategis. Semakin baik lokasi yang anda pilih akan berdampak pada jumlah pengunjung. Cobalah mencari lokasi yang berada di pinggir jalan ramai. Namun, lokasi seperti ini juga disesuaikan dengan konsep yang akan anda gunakan. Bila anda memang ingin menampilkan coffee shop yang bersifat premium tentu saja akan membutuhkan lahan parkir yang cukup luas. Selain itu, perhitungkan juga ukuran dari coffee shop yang akan digunakan. Lokasi yang strategis seperti ini juga memudahkan anda untuk melakukan branding dengan sangat baik seperti pengaturan dekorasi eksterior hingga penempatan logo.

 

  1. Perencanaan modal yang matang

Tentu saja ini menjadi bagian penting dari tips untuk memulai usaha bisnis coffee shop. Setiap bisnis akan membutuhkan perencanaan modal yang sangat matang. Jangan pernah berpikir bahwa modal yang besar akan memberikan keuntungan yang lebih besar juga. Bila anda ingin menjalankan bisnis coffee shop dengan sangat ideal sebaiknya perhitungkan seluruh modal yang digunakan. Meskipun modal yang anda miliki cukup kecil namun bila kualitas kopi yang anda tawarkan sangat baik hal itu akan memberikan keuntungan sangat besar. Modal yang dibutuhkan untuk memulai bisnis ini biasanya dipakai menyewa tempat, membeli perlengkapan, dekorasi, dan pemilihan biji kopi.

 

  1. Menggunakan dekorasi interior unik

Tidak dapat dipungkiri lagi bahwa penampilan dari coffee shop saat ini juga menjadi pertimbangan dari para pengunjung. Terapkan dekorasi interior dari coffee shop yang menarik dan unik. Anda bisa mendapatkan referensi itu dari berbagai literatur atau internet. Bahkan, dekorasi yang anda gunakan untuk coffee shop ini bisa menjadi karakter penting dari bisnis itu sendiri. Misalnya saja dekorasi dari bar, tata letak seluruh furnitur, desain furnitur yang digunakan hingga pencahayaan. Semakin menarik dekorasi interior dari coffee shop itu biasanya akan mempengaruhi jumlah pengunjung. Mungkin anda juga bisa melakukan perubahan konsep dekorasi dalam jangka waktu tertentu.

 

  1. Menentukan jenis perlengkapan ideal

Perlengkapan yang dibutuhkan untuk membuka bisnis coffee shop saat ini sangat mudah untuk didapat. Hal ini akan menjadi perhitungan bagi anda untuk menggunakan jenis perlengkapan yang ideal. Bila anda menggunakan konsep coffee shop dengan skala kecil sebaiknya gunakan mesin espresso manual. Namun, bila konsep dari coffee shop anda menyasar jumlah pengunjung yang sangat banyak sebaiknya gunakan mesin espresso modern. Penggunaan mesin ini akan mempengaruhi nilai kinerja dari penyajian menu kopi kepada para pengunjung. Tentu saja anda tidak ingin para pelanggan menunggu lama menu yang dipesan.

 

  1. Menggunakan biji kopi terbaik

Tren kopi yang meningkat berdampak baik bagi para petani kopi. Saat ini sudah banyak jenis kopi yang berasal dari berbagai daerah Indonesia. Ini akan memudahkan anda untuk menentukan biji kopi pilihan dengan kualitas sangat baik. Apalagi kualitas dari biji kopi juga mempengaruhi rasa dan aroma saat disajikan. Lakukan riset dan pertimbangan dalam menentukan biji kopi yang akan digunakan di coffee shop anda. Hal penting lainnya adalah karakter dari kopi yang berbeda itu harus didukung dengan metode roasting yang sangat baik. Hal ini untuk memaksimalkan rasa dari kopi yang disajikan.

 

  1. Merekrut barista berpengalaman

Ini adalah bagian penting dari bisnis coffee shop anda. Bila anda memiliki pengetahuan kopi yang sangat baik mungkin anda bisa menjadi barista utama di coffee shop. Namun, bila anda hanya menjadi pemilik usaha ini sebaiknya rekrut barista berpengalaman. Biasanya barista yang memiliki pengalaman banyak akan mudah menyajikan kopi secara ideal. Tentu saja ini diukur dari pengalaman menyajikan kopi, jumlah jenis kopi yang bisa dibuat hingga waktu untuk membuat kopi itu sendiri. Lakukan riset terhadap barista yang ideal menurut konsep bisnis coffee shop anda.

 

  1. Penerapan metode promosi

Jangan lupa untuk selalu melakukan promosi dari produk menu kopi yang anda tawarkan. Metode promosi ini tidak harus dengan melakukan pemotongan harga pada item menu. Namun, anda juga bisa melakukan promosi lain seperti dengan menawarkan menu kopi baru di hari tertentu dengan persyaratan. Bisa juga anda memberikan sajian kopi yang berbeda bila pengunjung datang di hari tertentu. Metode seperti ini akan membuat para pengunjung tidak bosan.

 

  1. Perhatikan branding coffee shop

Coffee shop sangat membutuhkan branding yang maksimal. Metode branding ini biasanya akan membuat karakter dari bisnis itu terlihat lebih jelas. Misalnya saja penggunaan logo, berbagai perlengkapan mesin kopi hingga dekorasi interior eksterior. Branding ini juga membantu anda untuk menaikkan nilai jual dari menu kopi yang disajikan. Semakin baik branding itu tentu saja anda akan mendapatkan keuntungan melalui nilai tinggi dari menu kopi.

Leave a Reply