Begini Cara Menjadi Pialang Saham Profesional

Trik cara daftar pelatihan menjadi pilang saham online mulai dari tingkat pemula hingga broker profesional dengan gaji besar dan terkaya. Memiliki kemampuan yang baik dalam investasi saham, Anda mungkin terpikir untuk alih profesi sebagai seorang broker profesional.

Begini Cara Menjadi Pialang Saham Profesional

Hal ini tidak ada salahnya, terutama jika Anda memang ingin memiliki kemampuan yang baru di dalam hidup Anda. Broker saham merupakan seseorang yang ahli dan memiliki lisensi resmi untuk melakukan transaksi jual-beli saham di Bursa Efek. Artinya, profesi ini akan menghubungkan para investor saham dengan Bursa Efek dan mewakili para investor tersebut dalam melakukan transaksi jual-beli saham itu sendiri. Cara menjadi broker saham tentu tidak mudah, mengingat profesi ini akan berhubungan dengan sejumlah instansi yang berkaitan dengan dunia saham itu sendiri.

Pelatihan Menjadi Pialang Saham

Sama halnya dengan berbagai profesi lainnya yang berkaitan dengan keahlian khusus, broker saham juga akan membutuhkan sejumlah syarat dan juga prosedur tersendiri yang telah ditetapkan oleh pihak yang berwenang di bidang keuangan. Seorang broker profesional harus memiliki kemampuan dan juga pemahaman yang cukup baik terkait dengan berbagai aturan di Bursa Efek, berbagai kode etik yang diterapkan di sana, bahkan melakukan analisa dan hal lainnya yang berhubungan dengan saham itu sendiri. Hal ini penting, untuk memastikan bahwa yang bersangkutan mampu dan bisa menangani semua saham investor yang berada di bawah pengelolaannya.

Untuk lebih detailnya, simak tahapan cara menjadi pialang saham berikut ini:

  • Mengikuti pelatihan dari LPKPM

Langkah pertama yang wajib dilakukan oleh seorang calon broker adalah mengikuti pelatihan yang diadakan oleh LPKPM (Lembaga Pendidikan Khusus di bidang Pasar Modal). Setelah pelatihan ini, calon broker akan mendapatkan sertifikat keahlian yang kemudian akan bisa digunakan sebagai salah satu syarat untuk mendapatkan izin dari Bapepam dan Lembaga Keuangan. Namun terkait dengan LPKPM yang menjadi tempat pelatihan, lembaga ini haruslah yang telah mendapatkan pengakuan dari Bapepam dan juga Lembaga Keuangan.

  • Melakukan pendaftaran izin WPPE di Bapepam

Jika sudah mendapatkan sertifikat keahlian atau sertifikat profesi dari LPKPM, maka calon broker saham harus mendapatkan izin dari wakil perusahaan efek dari Bapepam.

  • Melakukan pendaftaran di perusahaan sekuritas

Ketahui juga :

Cara Analisa Saham untuk Jadi Pemenang

Jika izin dari wakil perusahaan efek sudah dikantongi, maka broker sudah bisa mulai bekerja. Biasanya broker akan bekerja pada perusahaan sekuritas atau manager investasi, karena itu yang bersangkutan bisa melakukan pendaftaran di salah satu perusahaan sekuritas yang dianggap paling tepat. Bergabung dengan perusahaan seperti ini, broker akan diminta untuk mengikuti berbagai kebijakan dan juga aturan yang dijalankan oleh perusahaan.

Profesi pialang menjadi salah satu yang paling menjanjikan, mengingat penghasilan yang bisa didapatkan dari pekerjaan ini terbilang sangat besar. Jadi tidak mengherankan jika selama bertahun-tahun belakangan ini profesi pialang semakin banyak diminati. Bukan hanya oleh mereka yang telah berumur dan malang melintang di dunia saham saja, namun profesi ini juga cukup banyak dilirik oleh kaum muda, terutama mereka yang melek dengan keuangan. Lalu, bagaimana cara menjadi pialang saham yang profesional?

Sertifikasi dan pengatahuan yang mumpuni

Sama halnya dengan jenis pekerjaan lainnya, pialang saham juga tentu akan membutuhkan sejumlah pengetahuan khusus. Pialang saham atau yang lebih dikenal dengan sebutan broker saham ini harus memiliki pengetahuan yang baik terkait dengan investasi saham itu sendiri, mulai dari analisa pasar hingga pengambilan keputusan yang dianggap penting dan bisa memberikan keuntungan. Inilah salah satu alasan mengapa pekerjaan ini memang tidak bisa dilakukan oleh semua orang, hanya mereka yang memiliki keahlian khusus di bidang tersebut sajalah yang bisa menjadi seorang pialang.

Untuk menjadi seorang pialang saham yang profesional, akan dibutuhkan serangkaian pelatihan terkait dengan dunia saham itu sendiri. Kegiatan pelatihan ini juga akan dibarengi dengan sejumlah syarat yang telah ditentukan oleh pihak-pihak terkait yang berwenang di bidang tersebut. Cara menjadi pialang saham bisa dilakukan dengan beberapa tahap berikut ini:

  • Wajib mengikuti pelatihan di LPKPM

Setiap orang yang berminat menjadi seorang pialang saham, wajib mengikuti pelatihan yang diadakan oleh Lembaga Pendidikan Khusus di bidang Pasar Modal (LPKPM) dan mendapatkan sertifikat dari lembaga tersebut sebagai bukti bahwa yang bersangkutan telah menyelesaikan pelatihan. Di dalam prakteknya, LPKPM ini juga haruslah telah diakui dan mendapatkan izin membukaan pelatihan dari Bapepam dan Lembaga Keuangan. Sertifikat yang didapatkan dari LPKPM inilah yang kemudian akan digunakan untuk mendapatkan izin sebagai seorang pialang.

  • Melakukan pendaftaran izin di Bapepam

Bagi seorang calon pialang yang telah mengikuti pelatihan di LPKPM dan mendapatkan sertifikat profesi atas kegiatan tersebut, maka yang bersangkutan bisa mengajukan izin kepada perusahaan efek dari Bapepam. Izin WPPE inilah yang kemudian akan digunakan untuk menjalankan profesi sebagai seorang pialang saham yang profesional.

  • Melakukan pendaftaran di perusahaan sekuritas

Jika yang bersangkutan telah mendapatkan izin, maka untuk mulai bekerja sebagai pialang, yang bersangkutan haruslah bergabung dengan sebuah perusahaan sekuritas atau manager investasi. Hal ini penting untuk dicermati dengan baik, sebab seorang pialang pada umumnya akan bekerja untuk sebuah perusahaan sekuritas ataupun manager investasi dan bukan bekerja secara mandiri. Di sana, yang bersangkutan juga akan berkewajiban untuk mengikuti sejumlah kebijakan dan aturan di dalam perusahaan tersebut, sebab setiap perusahaan sekuritas tentu akan memiliki aturan tersendiri terkait dengan hal ini.

Lakukan sesuai dengan ketentuan yang berlaku

Cara menjadi pialang saham memang tidak mudah, mengingat profesi ini akan membutuhkan keahlian khusus. Jika benar-benar berniat untuk menjadi seorang pialang saham yang profesional, maka ada baiknya mengikuti semua ketentuan dan juga tahap yang seharusnya. Hal ini akan sangat membantu dan mempermudah langkah menjadi seorang pialang profesional yang ahli di bidangnya dan bisa bekerja dengan sebagaimana mestinya. Mulai langkah menjadi pialang saham sekarang dan dapatkan penghasilan yang menjanjikan dari profesi yang satu ini secepatnya.

Asah keahlian untuk jadi Broker Saham

Menjadi seorang broker akan membuat Anda berhadapan dengan dunia baru serta berbagai kebijakan dan tanggung jawab di bidang investasi. Cara menjadi broker saham tidaklah mudah, sebab Anda akan membutuhkan pemahaman yang baik serta mengetahui seluk-beluk saham secara mendalam. Untuk itu, selalu luangkan waktu Anda untuk belajar dan mengasah keahlian Anda dengan maksimal, agar kelak Anda bisa menjadi seorang broker handal yang sangat profesional.

Menjadi seorang broker saham adalah profesi yang cukup menggiurkan. Bagaimana tidak, pekerjaan ini menjanjikan penghasilan yang sangat besar. Besaran penghasilan di dalam profesi yang satu ini tentu akan sangat tergantung pada keahlian serta kinerja saham dan perusahaan sekuritas di mana broker tersebut bekerja. Namun pada dasarnya, broker menjadi profesi yang banyak diidamkan oleh orang-orang, barangkali Anda adalah salah satunya.