Cara Bayar Pajak di Bank Mandiri, BCA, BNI, BRI Lewat ATM

Cara bayar pajak ssp di bank mandiri, BCA, BNI, BRI Lewat ATM sangat mudah, temukan tempat pembayaran/setoran pajak npwp dekat rumah anda. Dalam meningkatkan layanan perpajakan di Indonesia, belakangan ini Dirjen Pajak mencoba untuk melakukan banyak terobosan. Sitem pembayaran online merupakan salah satu jalur mudah yang praktis untuk melakukan pembayaran pajak, meskipun hal ini juga masih belum memberikan hasil yang maksimal.

Cara Bayar Pajak di Bank Mandiri, BCA, BNI, BRI Lewat ATM

Setidaknya, ada banyak wajib pajak yang masih belum bisa mengakses layanan pajak online tersebut dengan mudah, mengingat tidak semua orang mahir dalam menggunakan layanan internet. Hal-hal seperti ini tentu menjadi pertimbangan khusus pemerintah, sehingga mereka mengupayakan layanan pembayaran lainnya yang lebih mudah serta familiar bagi kebanyakan orang, terutama mereka yang tinggal di daerah.

Online dan dapatkan kode billing

Sesuai dengan peraturan pemerintah terkait dengan pembayaran pajak, pembayaran melalui bank ini juga harus diawali dengan proses online terlebih dahulu.

  • Wajib pajak bisa mengakses e-Billing pada website resmi Dirjen Pajak.
  • Lakukan login dengan memasukan User Id untuk mengakses layanan tersebut.
  • Anda membutuhkan kode biling yang terdiri dari 15 digit dan dikeluarkan oleh sistem melalui pengisian e-Billing wajib pajak. Jika wajib pajak sudah mendapatkan kode billing, maka ada baiknya untuk mencatat kode tersebut, sehingga akan lebih mudah untuk melakukan pembayaran di bank.

Cara bayar pajak di bank menjadi salah satu alternatif, di samping tempat bayar lainnya seperti kantor pos yang juga memiliki angka pengguna yang terbilang sangat tinggi. Tempat pembayaran ini diharapkan akan mempermudah para wajib pajak untuk lebih leluasa dalam melakukan pembayaran pajaknya. Bukan hanya itu, bank menjadi salah satu fasilitas publik yang mudah diakses dan didatangi oleh para wajib pajak. Baca juga : Cara mengisi formulir SSP

Lakukan pembayaran sesuai dengan pilihan

Bagi wajib pajak yang telah memiliki kode billing pajak, proses selanjutnya bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat. Cara bayar pajak di bank ini bisa dilakukan dengan beberapa pilihan, antara lain:

  • Datang langsung ke bank dan melakukan pembayaran melalui Teller Bank.
  • Melakukan pembayaran melalui layanan mesin ATM.
  • Melakukan pembayaran melalui Mini ATM yang terdapat di seluruh KPP dan KP2KP (layanan ini khusus dimiliki oleh bank BRI,BNI, dan Mandiri)
  • Melakukan pembayaran melalui layanan internet banking.
  • Melakukan pembayaran melalui mobile banking (hanya tersedia untuk bank tertentu saja.
  • Melakukan pembayaran melalui Agen Branchless Banking (untuk saat ini sudah dapat dilayani melalui BRILink).

Setelah melakukan pembayaran pajak di bank, wajib pajak akan memiliki bukti setor pajak tersebut. Pada dasarnya, proses pembayaran pajak di bank bisa dilakukan dengan lebih mudah dan cepat, terutama jika menggunakan layanan pendukung seperti: internet banking atau mesin ATM yang bisa diakses dengan lebih mudah dan cepat. Bukan hanya menghemat waktu, proses pembayaran ini juga akan menghemat banyak tenaga dan juga biaya sekaligus.

Bagi Anda yang berniat untuk segera melakukan pembayaran pajak Anda, maka tidak ada salahnya untuk menggunakan layanan perbankan tersebut, agar proses pembayaran pajak bisa berjalan dengan mudah dan lancar. Mengingat bank akan sangat mudah ditemukan di hampir seluruh wilayah dengan merata. Pertimbangan pemerintah untuk memilih bank sebagai tempat pembayaran pajak tentu sebuah hal yang tepat, sebab hal ini akan sangat membantu dan menghemat banyak waktu yang dibutuhkan wajib pajak untuk memenuhi kewajiban pajaknya.

Leave a Reply