Cara dan Syarat Membuat NPWP Bagi Karyawan

Cara Buat NPWP untuk Karyawan dan Profesional – Nomor Pajak Wajib Pajak (NPWP) merupakan hal yang penting untuk dimiliki oleh setiap orang yang telah memiliki penghasilan / pekerjaan. NPWP akan mempermudah proses penghitungan pajak dari setiap wajib pajak di Indonesia.

Cara dan Syarat Membuat NPWP Bagi Karyawan

Itulah mengapa sangat penting untuk membuat NPWP ini. Sebagai seorang wajib pajak yang taat pajak, membuat NPWP tentu bukanlah sebuah hal yang menyulitkan, apalagi pihak pemerintah sendiri juga telah memberikan kemudahan pembuatan NPWP tersebut, sehingga para wajib pajak tidak akan mengalami kesulitan untuk mendaftarkan dirinya.

Syaratnya Buat NPWP Karyawan

Agar proses pembuatan NPWP bisa berjalan dengan baik dan lancar, sangat penting untuk memahami proses pengajuan serta syarat yang akan dibutuhkan utuk hal tersebut. Karyawan adalah pekerja orang pribadi, sehingga tidak akan dibutuhkan sejumlah syarat yang rumit di dalam pengajuan NPWP nya.

Berikut ini adalah syarat yang harus dipenuhi dalam mengajukan NPWP karyawan:

  • Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) bagi Warga Negara Indonesia (WNI).
  • Fotokopi paspor dan surat izin tinggal (Kitas atau Kitap) bagi Warga Negara Asing (WNA)yang bekerja di Indonesia.
  • Fotokopi SK bagi PNS, atau surat keterangan kerja dari perusahaan tempat yang bersangkutan bekerja (bagi pewagai swasta).

Cara membuat NPWP karyawan ini, bisa saja diurus langsung oleh karyawan itu sendiri, atau oleh pihak perusahaan tempat yang bersangkutan bekerja. Akan jauh lebih baik untuk melengkapi berbagai syarat ini sejak awal, agar proses pembuatan NPWP bisa berjalan dengan mudah dan cepat tanpa harus bolak-balik ke kantor pajak.

Prosedur Pembuatan NPWP

Jika semua syarat yang dibutuhkan dalam pembuatan NPWP telah disiapkan dengan baik, maka yang bersangkutan bisa mendatangi kantor pelayanan pajak terdekat dan mengajukan permohonan NPWP tersebut di sana. Bawa semua berkas yang dibutuhkan dan lakukan pendaftaran sesuai dengan prosedur yang berlaku. Mintalah formulir pendaftaran kepada petugas di kantor pajak dan lakukan pengisian data diri dengan lengkap di sana. Pastikan semua kolom formulir ini terisi dengan benar dan sesuai dengan kebutuhan.

Baca juga :

Cara Buat NPWP untuk Melamar Kerja

Cara membuat NPWP karyawan ini tidak akan membutuhkan waktu yang lama, terutama jika pengajuan NPWP dilakukan sendiri oleh yang bersangkutan. Setelah mengisi formulir pendaftaran dengan baik dan benar, kembalikan formulir beserta semua lampiran yang telah disiapkan kepada petugas kantor pajak. Selanjutnya, pengajuan NPWP akan diproses oleh pihak kantor pajak dan biasanya akan selesai dalam 1 hingga 2 jam saja.

Jika NPWP telah selesai diproses dan dicetak, petugas kantor pajak akan memanggil kembali pemohon dan memberikan kartu NPWP yang bersangkutan. Memiliki NPWP akan menjadi salah satu langkah mudah untuk menghitung dan memenuhi kewajiban sebagai seorang wajib pajak. Miliki NPWP sekarang dan jadilan wajib pajak yang taat pajak sejak saat ini.

Di antara wajib pajak yang aktif, karyawan tentu akan memiliki porsi yang terbesar, mengingat sebagian besar penduduk Indonesia berstatus sebagai pekerja / karyawan. Terkait dengan perhitungan pajaknya, seorang karyawan haruslah memiliki NPWP pribadi yang akan memudahkan proses penghitungan pajak penghasilannya setiap bulannya.

Cara membuat NPWP karyawan ini juga tidaklah sulit, terutama jika sejak awal semua persyaratan yang diminta telah disiapkan dengan baik oleh yang bersangkutan. Proses pembuatan NPWP bahkan bisa saja selesai dalam waktu beberapa jam saja, tergantung pada pelayanan kantor pajak yang didatangi oleh yang bersangkutan.