Cara Membuat NPWP Badan Usaha Serta Syaratnya

Cara membuat npwp perusahan cv, pt, usaha dagang, lembaga, badan usaha kecil, perusahan online serta syarat lainnya untuk mengisi formulir pendaftaran npwp. Bukan hanya wajib pajak perorangan saja, kepemilikan NPWP juga menjadi sebuah kewajiban bagi para pengusaha. Ada banyak urusan terkait dengan perusahaan yang akan membutuhkan NPWP, mengingat hal ini memang telah diatur secara tersendiri oleh pihak yang berwenang.

Cara Membuat NPWP Perusahaan Badan Usaha Serta Syaratnya

Lengkapi persyaratan yang dibutuhkan

Berbeda dengan pengurusan NPWP pribadi, pengurusan NPWP badan (perusahaan) memang akan dibedakan berdasarkan jenis perusahaan itu sendiri. Hal ini juga akan berkaitan dengan syarat yang ditetapkan, mengingat wajib pajak badan ini memang memiliki pengelompkan khusus berdasarkan kegiatan operasional (jenis usaha) yang dijalankannya.

Berikut ini adalah syarat yang dibutuhkan dalam membuat NPWP perusahaan:

  1. Untuk Badan Usaha Berorientasi Laba (Profit-Oriented)
  • Fotokopi akta pendirian atau dokumen pendirian, untuk wajib pajak badan dalam negeri.
  • Fotokopi Kartu NPWP dari salah seorang pengurus perusahaan.
  • Fotokopi paspor dan surat keterangan domisili, bagi warga negara asing.
  • Fotokopi SIUP atau TDPdari pihak yang berwenang.
  1. Untuk Badan Usaha Tidak Berorientasi Laba (Non profit Oriented)
  • Fotokopi KTP salah seorang pengurus badan atau organisasi yang bersangkutan.
  • Surat keterangan domisili bagi warga negara asing.
  1. Untuk Badan Usaha Operasi Kerjasama (Joint Operation)
  • Fotokopi Perjanjian Kerjasama/Akta Pendirian kerja sama.
  • Fotokopi Kartu NPWP masing-masing anggota yang bekerja sama di dalam perusahaan, sehingga semua anggota diwajibkan untuk memiliki NPWP.
  • Fotokopi Kartu NPWP Pribadi salah seorang pengurus perusahaan (di luar pemilik / yang bekerja sama), atau fotokopi paspor dan surat keterangan keterangan domisili bagi warga negara asing.
  • Fotokopi SIUP atau TDP dari pihak yang berwenang.

Meski syarat pengajuannya bebeda-beda, namun cara membuat NPWP perusahaan ini tidak memiliki perbedaan. Jika semua syarat telah dipenuhi dengan baik, maka pihak perusahaan yang berkepentingan bisa melakukan pengurusan NPWP tersebut. Baca : Cara menghituing dedan pajak kendaraan bermotor

Ada banyak alasan mengapa wajib pajak membutuhkan NPWP, sehingga hal yang satu ini membutuhkan perhatian khusus. Bukan hanya masalah pajak itu sendiri, namun berbagai urusan administrasi lainnya juga kerap akan membutuhkan dokumen yang satu ini, terutama terkait dengan masalah keuangan. Inilah yang menjadi salah satu alasan utama, mengapa sangat penting bagi setiap wajib pajak untuk segera memiliki NPWP.

Datangi kantor layanan pajak

Sama halnya dengan pembuatan NPWP pribadi, proses pembuatan NPWP perusahaan juga bisa dilakukan dengan cepat. Pihak perusahaan hanya perlu mendatangi kantor layanan pajak terdekat dan membawa semua syarat pengajuan yang dibutuhkan. Di sana, proses ini bisa dilanjutkan dengan cara mengisi formulir NPWP yang telah disediakan oleh petugas. Pastikan untuk mengisi semua data dengan benar, sehingga kelak tidak terjadi masalah di kemudian hari.

Cara membuat NPWP perusahaan ini juga bisa dilakukan secara online, yakni dengan mengunjungi website resmi Dirjen Pajak dan melakukan pendaftaran online di sana. Hal ini bahkan akan jauh lebih mudah dan praktis untuk dilakukan, tanpa harus repot-repot mendatangi kantor layanan pajak dan mengantri lama di sana.

Pada dasarnya, cara membuat NPWP perusahaan tidaklah serumit yang dibayangkan oleh kebanyakan orang, terutama mereka yang enggan mengurus berbagai kelengkapan administrasi di dalam usaha yang mereka jalankan. Jika semua syarat yang dibutuhkan telah disiapkan dengan baik, maka proses pengajuan NPWP perusahaan ini akan berjalan dengan mudah dan cepat.

Leave a Reply