Cara Mengisi Formulir e-Filling Pajak 1770 ss (SPT Tahunan)

Cara mengisi e-flling pajak formulir spt tahunan 1770 ss, pajak badan usaha maupun perseorangan pribadi dengan pendapatan maupun nihil. pengisian online. Melakukan berbagai transaksi pajak secara online adalah hal yang patut Anda pertimbangkan.

Cara Mengisi Formulir e-Filling Pajak 1770 ss (SPT Tahunan)

Bukan hanya cepat, proses ini juga akan menghemat banyak waktu dan juga tenaga Anda. Layanan pajak online bisa Anda akses kapan saja dan di mana saja, selama Anda bisa terhubung dengan layanan internet yang memadai.

Kumpulkan Data Untuk Mengisi e-Filling Pajak

Cara mengisi e-Filling pajak 1770 ss tidaklah terlalu rumit, terutama jika Anda telah mempersiapkan syarat serta data pendukung yang dibutuhkan untuk hal tersebut. berikut ini adalah beberapa syarat yang harus Anda persiapkan untuk kebutuhan pengisian SPT tahunan ini:

  • Formulir 1721 A1 atau A2

Formulir 1721 A1 atau A2 ini bisa Anda minta kepada pihak perusahaan, selaku pihak yang bertugas untuk melakukan pemotongan pph 21 Anda setiap bulannya. Formulir ini akan dibutuhkan untuk pengisian SPT tahunan Anda nantinya.

  • e-FIN

Anda juga akan membutuhkan e-FIN, agar bisa mengakses layanan pajak online di KJP online. e-FIN ini bisa Anda dapatkan dengan cara mendaftarkan diri secara online dan melakukan aktivasi di kantor layanan pajak terdekat.

  • Data keuangan lainnya

Selain kedua hal di atas, Anda juga wajib menyiapkan data keuangan lainnya, baik itu penghasilan, utang serta aset yang Anda miliki secara rinci.

Lakukan pengisian Formulir dengan teliti

Jika Anda telah menyiapkan semua syarat dan data yang dibutuhkan tersebut dengan baik, maka Anda bisa mulai melakukan pengisian SPT tahunan online tersebut. Cara mengisi e-Filing pajak 1770 ss ini bisa Anda lakukan dengan tahap berikut ini:

  • Kunjungi situs resmi KJP Online dan lakukan registrasi di sana, sehingga Anda memiliki akun onlone pajak yang bisa digunakan untuk mengakses layanan tersebut.
  • Pilih menu e-Filling SPT pribadi dan lakukan pengisian data Anda di sana.
  • Masukkan nomor NPWP Anda pada kolom yang tersedia.
  • Pilih jumlah pendapatan tahunan Anda (kurang dari Rp 60 juta).
  • Isi data pribadi Anda dengan lengkap dan benar dan pastikan semua kolom terisi dengan baik.
  • Lengkapi data anggota keluarga (tanggungan) Anda pada kolom yang tersedia.
  • Selanjutnya, isi detail pajak Anda pada halaman yang tersedia dan lakukan hal ini dengan hati-hati, agar Anda tidak salah imput.
  • Lengkapi juga semua kolom terkait penghasilan tambahan yang Anda dapatkan, yang berasal dari luar pekerjaan utama Anda.
  • Jika semua kolom sudah terisi dengan baik, maka kirimkan data tersebut, sehingga Anda bisa menerima hasil perhitungannya.
  • Dalam pelaporan e-Filling pajak 1770 ss ini, Anda bisa mencetak bukti SPT tersebut, agar memiliki data lengkapnya sebagai arsip.

e-Filling 1770 ss merupakan surat pemberitahuan pajak tahunan bagi wajib pajak orang pribadi yang menerima penghasilan kurang dari Rp 60 juta dalam setahun terakhir. Artinya, Anda akan menggunakan SPT tahunan ini hanya jika penghasilan tahunan Anda tidak mencapai Rp 60 juta dalam satu tahun pajak tersebut. Untuk melakukan pengisian e-Filling, pastikan Anda sudah mempersiapkan data pendukung yang diperlukan terlebih dahulu. Pembayaran pajak lewat bank baca disini.

Namun sebelum melakukan transaksi pajak secara online, sangat penting bagi Anda untuk memahami dengan baik semua ketentuan yang diterapkan di dalam pajak, termasuk cara mengisi e-Filling 1770 ss. Hal ini akan memudahkan Anda untuk melakukan pengisian tanpa mengalami kendala.

Leave a Reply