Bisnis Event Organizer EO Pameran

Faktor Penentu Suksesnya Bisnis Event Organizer EO Pameran

PeluangBisnisUsaha.Com, Faktor Penentu Suksesnya Bisnis Event Organizer EO PameranBisnis event organizer (EO) tahun ini diprediksi makin bergairah. Banyak instansi maupun perusahaan yang sering menggelar pameran, terlebih dengan kondisi Indonesia saat ini memang tengah dibanjiri para pelaku usaha, mulai dari usaha kuliner, produk kreatif, fesyen, hingga usaha jasa. Dengan kata lain, pameran memang dibutuhkan banyak pihak sebagai ajang promosi perusahaan atau produk-produk UKM. Apalagi karakter masyarakat yang gemar berbelanja menjadi pemicu meningkatnya bisnis pameran. Karena itu, kegiatan promosi produk dan jasa yang terus meningkat mengakibatkan Bisnis Event Organizer EO Pameran terus tumbuh. Seperti apa prospek dan seluk beluk bisnis jasa event organizer pameran ini?

Umumnya kita mengenal pameran merupakan salah satu ajang untuk mempromosikan produk atau jasa. Melalui pameran diharapkan para pengunjung yang jumlahnya ribuan orang, dalam sekejap tahu lebih dekat produk dan jasa yang ditawarkan peserta pameran. Penyelenggaraan pameran ini biasanya dilakukan oleh kalangan perusahaan, instansi, komunitas tertentu, hingga pelaku UKM. Namun untuk membuat perhelatan acara dalam bentuk pameran terbilang cukup rumit, mulai dan proses perizinan, penentuan tempat dan waktu, hingga skala pameran. Maka dari itu, dibutuhkan jasa event organizer yang menawarkan jasa penyelenggaraan suatu acara, salah satunya adalah pameran.

Untuk mengawali Bisnis Event Organizer EO Pameran ini membutuhkan biaya yang cukup banyak, hal ini dikarenakan untuk pembelian peralatan dan perlengkapan kebutuhan acara pameran, seperti tenda, meja, kursi, booth, rangka stand, tenda/terpal untuk stand, panggung semi rigging dan rigging full set, back drop, sound system, microphone clip-on, handset wireless, lighting, LCD screen, standing AC, hingga karpet. dan sebagainya.

Keberhasilan sebuah acara sangat dipengaruhi oleh team work yang baik dan solid. Maka dari itu, sebaiknya dalam merekrut teamwork harus sudah berpengalaman di bidang EO. minimal pernah menjadi freelance dalam sebuah EO, dengan menggunakan karyawan yang sudah pernah bergelut di bidang EO. sudah pasti mereka punya jiwa mengelola acara dengan baik.

Tempat Strategis

Pameran merupakan sebuah acara yang memamerkan produk atau jasa kepada khalayak luas. Maka dan itu, untuk menarik perhatian banyak orang, dalam mencari lokasi pameran harus memahami betul seluk beluk lokasi tersebut. Apakah cukup strategis dan mampu mendatangkan banyak orang. “Selain team work yang solid, dalam acara pameran, lokasi menjadi ujung tombak kesuksesan usaha EO. Salah mendapatkan lokasi yang pas, akan berdampak buruk bagi kelangsungan bisnis kita. Misalnya penurunan omset hingga sampai ditinggalkan klien.

Pilihan Sistem

Ada beberapa sistem yang dilakukan dalam menjalankan sebuah event pameran. Salah satunya adalah menggunakan sistem yang kebanyakan dipakai di setiap pelaku usaha EO,yakni menggunakan konsep kerja full. Jadi pihak klien hanya memberikan biaya dan ide konsep saja. Kita langsung mengembangkan konsepnya tersebut. Untuk sistem ini, biasanya dipesan oleh beberapa korporat perusahaan ataupun instansi-instansi.

Networking

Tidak dapat dimungkiri bahwa usaha jasa EO ini merupakan usaha yang sarat akan kepercayaan pelanggan. Maka dari itu, pelaku yang menjalankan bisnis EO harus pintar-pintar mencari dan menjaga relasi yang merupakan aset bisnisnya. Pasalnya, dukungan relasi bisnis, baik klien ataupun sponsor adalah kunci sukses tidaknya acara yang diselenggarakan. Namun,jika pelaku usaha belum memiliki relasi, bisa diawali dengan membangun kepercayaan saat menangani event, sehingga jaringan relasi bisnis akan terbentuk dengan séndirinya. Menggaet relasi memang gampang-gampang susah. Ada beberapa faktor yang bisa membuat klien dan sponsor tertarik dengan sebuah jasa EO.

Tahapan awalnya adalah pembuatan proposal kerja sama yang menarik. Agar bisa menggaet sponsor pengusaha EO juga harus mencari sponsor yang memahami pasar. Pihak sponsor hanya mau keluar uang jika target market-nya tercapai. Yaitu berapa besar uang yang ia keluarkan, dan berapa banyak iklannya dilihat orang yang menjadi sasarannya.

Berhubung bisnis EO merupakan bisnis yang sarat akan kreativitas, pelaku usaha harus lebih memacu diri untuk membuat ide yang cemerlang. Hal ini dikarenakan bisnis EO merupakan bisnis yang menitikberatkan pada komunikasi serta entertainment, sehingga kepuasan dan ketertarikan menjadi sangat penting untuk diperhatikan. Kreativitas memang tidak harus selalu orisinal, mengembangkan sebuah ide yang sudah adapun bukan menjadi masalah. Survei terhadap minat pengunjung event juga perlu dilakukan sehingga saat event berlangsung.mampu memenuhi target pengunjung yang datang.

Usaha EO di bidang pameran ini akan terus bertahan hingga beberapa tahun ke depan dan tidak akan pernah mati, malah akan semakin banyak kilen yang membutuhkan usaha tersebut. Hal ini dikarenakan semakin meningkatnya pertumbuhan UKM, yang sudah pasti mereka membutuhkan banyak media promosi, salah satunya adalah dengan mengikuti pameran. Prospek cerah dengan omset yang cukup menggiurkan dan Bisnis Event Organizer EO Pameran ini pastinya menarik buat Anda bukan? Semoga menjadikan inspirasi buat Anda, dan Salam Sukses.

Leave a Reply