Ingin Mulai Investasi? Ini Cara Menabung Saham untuk Pemula

Pelajari cara daftar menabung saham di bank bca, bni, bri, mandiri dan pahami dulu apa saja resikonya. Bagi Anda yang berniat untuk segera memulai investasi di dalam keuangan, Anda mungkin akan sibuk menghitung dan melihat kembali kondisi terkini keuangan Anda.

Ingin Mulai Investasi Ini Cara Menabung Saham untuk Pemula.

Pada umumnya, sebagian besar orang selalu beranggapan bahwa investasi akan membutuhkan sejumlah modal yang besar, yang nilainya bisa saja di luar kemampuan keuangan. Anggapan inilah yang kerap menjadi penghalang, sehingga investasi harus ditunda dan ditunda lagi. Padahal jika Anda labih jeli, maka Anda akan menemukan banyak instrumen investasi yang bisa dijalankan, bahkan meski Anda hanya memiliki modal yang terbatas sekalipun. Salah satunya cara menabung saham untuk pemula yang cukup mudah dan simpel untuk Anda coba.

 Pahami Aturan Menabung Saham

Bagi Anda yang baru akan terjun ke dalam investasi saham, sangat penting untuk memahami dengan baik berbagai hal terkait dengan investasi tersebut. Hal ini akan sangat membantu Anda untuk bisa lebih mudah dalam mengelola saham tersebut di kemudian hari. Anda tentu paham benar bahwa setiap investasi akan memiliki sejumlah resiko, bukan?

Semakin besar potensi keuntungan yang bisa diberikan oleh sebuah instrumen investasi, maka akan semakin besar juga resiko yang terkandung di dalam investasi itu sendiri. Hal inilah yang harus Anda pahami dengan baik sejak awal, agar kegiatan investasi yang akan Anda lakukan bisa memberikan hasil yang maksimal bagi keuangan Anda di masa yang akan datang.

Investasi saham berbeda dengan investasi lainnya, sebab instrumen yang satu ini adalah bentuk investasi jangka panjang. Artinya, hasil investasi saham hanya akan maksimal jika Anda menyimpan / berinvestasi dalam kurun jangka waktu yang panjang (sekitar 10 tahun ke atas). Dengan kata lain, investasi dalam bentuk saham tidak disarankan bagi Anda yang berniat untuk melakukan investasi jangka pendek atau menengah.

Lihat juga :

Cara Main Saham Online

Poin di atas menjadi salah satu hal terpenting yang harus Anda pahami dengan baik ketika belajar cara menabung saham untuk pemula. Anda harus siap untuk menabung saham ini dalam kurun waktu yang panjang, sehingga keuntungan yang didapatkan juga akan maksimal di dalam keuangan Anda.

 Mulai Menabung Saham Dengan Nominal Kecil

Jika melihat kenyataan bahwa investasi saham merupakan instrumen investasi jangka panjang, maka besar kemungkinan Anda akan berpikir ulang untuk menjalankan instrumen yang satu ini di dalam keuangan Anda. Anda mungkin akan berpikir keras, bagaimana caranya untuk bisa memulai investasi saham ini tanpa menganggu pos lainnya di dalam keuangan Anda.

Pada kenyataannya, investasi saham bisa dilakukan bahkan dengan modal yang kecil sekalipun. Cara menabung saham untuk pemula ini sudah bisa dilakukan dengan modal awal yang hanya Rp 100 ribu saja. Artinya, Anda tidak perlu menunggu lama untuk mengumpulkan terlebih dahulu sejumlah uang yang banyak untuk memulai investasi saham tersebut. Ada banyak saham dengan harga per lembar yang dijual sangat terjangkau, sehingga dengan dana yang kecil sekalipun Anda akan bisa membelinya dengan mudah.

Kebijakan pembelian saham per lot yang dulunya sebanyak 500 lembar juga telah berubah. Sejak beberapa waktu belakangan, jumlah saham per lot ini hanya 100 lembar saja, sehingga Anda dan juga calon investor lainnya sudah bisa melakukan investasi saham dengan dana yang jauh lebih kecil dari tahun-tahun sebelumnya. Jangan tunda keuntungan Anda, segera lakukan kegiatan menabung saham sejak sekarang.