Ini Cara Mudah Beli atau Trading Saham di Bursa Efek Indonesia

28 views

Siapa yang tak tergiur dengan keuntungan investasi saham yang sangat menjanjikan? Sejak belasan tahun yang lalu, saham dianggap menjadi salah satu faktor penting di dalam kesuksesan keuangan bagi orang-orang sukses, mengingat investasi yang satu ini memang menjanjikan imbal hasil yang sangat besar.

cara membeli saham di Bursa Efek Indonesia

Jadi tidak mengherankan, jika kemudian banyak orang yang tergoda dan ingin memulai peruntungannya di dalam instrumen investasi yang satu ini. Bagaimanapun juga, keuntungan investasi yang satu ini memang selalu menjadi sebuah godaan terbesar, meskipun cara membeli/trading dan perdagangan saham di Bursa Efek Indonesia tidaklah semudah anggapan kebanyakan orang.

Pahami cara tepat Trading saham

Meski sangat ingin memiliki sejumlah saham dalam waktu yang dekat, para calon investor tentu harus memahami dengan baik aturan terkait dengan pembelian tersebut. Hal ini sangat penting untuk dicermati sejak awal, agar proses pembelian kelak bisa berjalan dengan baik dan lancar.

Secara khusus proses pembelian saham di Bursa Efek Indonesia memang tidak bisa dilakukan oleh perorangan, sebab pembelian ini  haruslah dilakukan melalui sebuah perusahaan sekuritas atau manager investasi yang telah berlisensi. Artinya, meskipun seseorang memiliki sejumlah dana yang sangat besar, orang tersebut tidak serta merta bisa membeli saham-saham yang diinginkannya di Bursa Efek Indonesia secara langsung tanpa bantuan perusahaan sekuritas atau manager investasi yang berwenang untuk kegiatan tersebut. Bukan hanya proses pembelian saja, namun hal ini juga berlaku untuk proses penjualan dan berbagai macam transaksi lainnya yang berkaitan dengan saham tersebut.

Cara perdangan saham di Bursa Efek Indonesia ini tentu akan membuat setiap calon investor harus membuka sebuah rekening saham atau yang lazim disebut dengan Rekening Dana Investor (RDI) untuk memperlancar semua transaksi yang dibutuhkannya terkait dengan investasi saham tersebut. Proses pembukaan RDI ini akan membutuhkan waktu sekitar 7 hari kerja. Adapun syarat yang dibutuhkan untuk membuka RDI adalah:

  • KTP
  • NPWP
  • Formulir RDI

Setelah proses pembukaan RDI selesai, maka calon investor wajib melakukan setoran awal pada rekening tersebut. Besaran setoran ini mungkin saja akan berbeda-beda pada perusahaan sekuritas, namun kebanyakan perusahaan sekuritas akan menentukan minimal dana setoran awal ini sebesar Rp 5 juta. Semua proses ini dilakukan di perusahaan sekuritas yang dipilih oleh calon investor.

Lakukan transaksi pembelian saham

Bagi calon investor yang telah memiliki RDI dan sudah melakukan penyetoran dana awal, maka yang bersangkutan bisa mulai melakukan pembelian saham yang diinginkannya. Cara trading saham di bursa efek indonesia ini akan dilakukan melalui perusahaan sekuritas dan dengan bantuan manager investasi yang profesional di dalamnya. Calon investor dapat mengkonsultasikan terlebih dahulu semua hal terkait dengan saham yang akan dibelinya, sehingga pembelian tersebut bisa berjalan baik dan memberikan keuntungan bagi yang bersangkutan. Dalam proses ini, peran seorang manager investasi tentu akan sangat penting, terutama jika calon investor belum memiliki pengalaman investasi di bidang saham dan ini akan menjadi investasi saham pertama bagi yang bersangkutan.

Kegiatan investasi saham memang sangat menggiurkan, sebab instrumen ini menjanjikan keuntungan yang cukup besar. Namun untuk berinvestasi dalam saham dibutuhkan kemampuan analisa pasar yang baik, di mana hal ini belum tentu dimiliki oleh semua orang. Gunakan bantuan dari perusahaan sekuritas terpercaya, agar semua kegiatan investasi saham bisa berhasil dengan maksimal.

Leave a Reply