Keuntungan dan Kerugian Investasi Saham Right Issue serta Resikonya

183 views

Bagi Anda yang akan terjun ke dalam investasi saham, penting untuk memahami dengan baik berbagai aturan terkait dengan instrumen tersebut. Ada banyak hal yang perlu Anda pahami sejak awal, termasuk berbagai ketentuan terkait dengan transaksi pembelian serta penjualan saham itu sendiri.Pahami Cara Membeli Saham Right Issue dengan Benar

Pembelian saham right issue

Berbeda dengan pembelian saham lainnya, proses pembelian saham right issue menjadi salah satu yang paling istimewa di dalam transaksi pembelian saham. Transaksi ini banyak dijadikan sebagai solusi bagi perusahaan-perusahaan yang membutuhkan tambahan modal di dalam usaha mengembangkan bisnis mereka. Bukan hanya dalam perusahaan swasta saja, right issue juga bisa terjadi di dalam perusahaan milik negara (BUMN).

Right issue atau yang dalam Bahasa Indonesia disebut dengan Hak Memesan Efek Terlebih Dahulu (HMETD) merupakan hak yang diberikan oleh sebuah perusahaan kepada para pemegang sahamnya (yang saat ini aktif / terdaftar sebagai pemegang saham) untuk menambah sejumlah modal kepada perusahaan. Proses ini akan dilakukan dengan penerbitan sejumlah saham baru, di mana saham-saham tersebut ditawarkan kepada para pemegang saham dengan harapan para pemegang saham akan menyetorkan sejumlah dana / modal tambahan baru kepada perusahaan.

Cara membeli saham right issue ini akan memudahkan para pemegang saham dan juga sekaligus memberikan potensi keuntungan bagi mereka. Di dalam prakteknya, saham-saham right issue akan dijual di bawah harga pasaran saham perusahaan saat ini, sehingga pemegang saham bisa memiliki sejumlah saham baru di perusahaan dengan harga beli yang lebih rendah dari harga beli saham perusahaan di bursa efek saat ini. Hal ini jelas akan sangat menguntungkan pihak pemegang saham, mengingat selisih harga ini bisa saja terjadi dalam jumlah yang cukup besar.

Right issue pada umumnya akan dikeluarkan oleh pihak perusahaan di saat-saat perusahaan benar-benar membutuhkan suntikan modal, sehingga hal ini akan dilakukan dalam kurun waktu tertentu. Biasanya perusahaan akan melakukan penawaran right issue kepada para pemegang saham dengan tenggat waktu yang terbatas, sebelum akhirnya saham-saham tersebut ditawarkan oleh perusahaan kepada khalayak ramai di bursa efek. Jika pemegang saham berminat dan melakukan pembelian right issue ini sebelum saham tersebut masuk ke bursa efek, maka kepemilikan sahamnya di dalam perusahaan akan bertambah. Namun jika tidak membelinya, maka saham tersebut akan dilepas oleh perusahaan kepada investor baru yang berminat untuk membelinya di bursa efek.

Menguntungkan bagi pemegang saham

Cara membeli saham right issue akan memberikan potensi keuntungan yang cukup besar bagi para pemegang saham. Pemegang saham bisa memiliki saham-saham baru melalui penawaran right issue ini dengan harga yang tentunya lebih rendah dari harga pasaran saham di saat penawaran tersebut berlangsung. Hak untuk membeli right issue ini akan menjadi peluang bagi pemegang saham untuk menambah jumlah kepemilikan sahamnya di dalam perusahaan, sehingga posisinya di dalam perusahaan tetap bertahan dan tidak tergeser oleh sejumlah investor baru lainnya. 

Meski terlihat mudah, namun berbagai transaksi ini akan membutuhkan syarat serta dibarengi dengan sejumlah ketentuan tersendiri, tergantung pada perusahaan penerbit saham serta kebijakan yang telah ditetapkan oleh OJK selaku pihak yag berwenang untuk melakukan pengawasan. Di antara sejumlah kebijakan dalam transaksi pembelian saham, cara membeli saham right issue adalah salah satu yang paling menarik dan banyak menyita perhatian.

Leave a Reply