dropshipping

Panduan Cara Sukses Berbisnis Dropship dari Tokopedia

PeluangBisnisUsaha.Com, Panduan Cara Sukses Berbisnis Dropship dari Tokopedia – Dalam perkembangan dunia bisnis di Indonesia banyak sekali perubahan dalam system pemasaran yang ditawarkan para pengusaha. Dan pada saat ini pengusaha menawarkan sistem pemasaran yang lagi trend di dunia bisnis online yaitu pemasaran dropship. Penjualan dengan cara dropship sebenarnya sudah lama dilakukan oleh sebagian besar pebisnis online terutama di pasar online luar negeri seperti di ebay. Dan trend berbisnis dropship juga ikut terbawa ke Indonesia sehingga banyak pedagang dan supplier memanfaatkan sistem dropship untuk memasarkan produk mereka.

Apa itu Bisnis Dropship?

Beberapa orang mungkin masih belum mengenal dan mengetahui secara lebih jelas apa itu bisnsi dropship. Oleh karena itu, sebelum membahas mengenai cara sukses bisnis dropship dari tokopedia, terlebih dahulu kami akan menjelaskan mengenai pengertian bisnis dropship dan bagaimana konsep penjualannya.

Jadi, bisnis dropship adalah salah satu bisnis online gratis yang mudah untuk dilakukan oleh siapa saja. Dropship merupakan sebuah sistem atau cara berjualan yang mana seorang penjual tidak harus memiliki barang atau tidak perlu menyetok barang digudang ataupun dirumah. Tugas anda sebagai penjual dropship hanya cukup menawarkan barang atau produk dari supplier atau penyedia produk yang anda pilih.

Dalam hal ini, sebagai seorang dropshipper anda hanya cukup menginformasikan barang yang dipesan oleh pembeli melalui anda kepada supplier atau penyedia barang. Lalu, selanjutnya anda bisa melakukan pembayaran atas barang yang dipesan oleh pembeli kepada supplier sebesar harga yang sudah disepakati oleh anda sebagai dropshipper dengan supplier penyedia barang. Nah, setelah anda menginformasikan kepada supplier, supplier akan mengirimkan produk yang dinginkan pembeli kepadanya atas nama anda sebagai dropshipper langsung menuju ke alamat si pembeli.

Untuk lebih jelasnya berikut urutan-urutan sistem dropship agar anda lebih mengerti.

  • Dropshipper sebagai reseller mengambil foto atau gambar dari supplier dan mencari tahu informasi harga dari dropshipper.
  • Reseller memasang gambar atau foto pada media sosial, website atau marketplace dengan harga yang sudah ditambahkan dengan margin keuntungan yang diinginkan.
  • Sebagai seorang reseller dropship pastikan anda melakukan promosi produk dan menawarkan barang atau produk yang sudah dipasang tadi dengan harga yang sudah ditambahkan dengan margin keuntungan yang dinginkan.
  • Apabila ada pembeli yang melakukan order, maka dropshipper bisa langsung menghubungi supplier sebagai penyedia barang dan memberikan alamat lengkap pembeli. Setelah itu, melakukan pemabaran sebesar harga awal yang ditentukan supplier.
  • Supplier sebagai penyedia barang akan mengemas dan mengirimkan barang yang dipesan oleh anda sebagai reseller dropship ke alamat tujuan pembeli atau pemesan secara langsung.

Dari sistem penjualan dropship yang sudah dijelaskan diatas, terlihat bahwa sistem dropship sangat mudah sekali untuk dijalankan oleh siapa saja. Selain anda tidak memerlukan banyak modal atau bahkan tanpa modal, anda juga tidak perlu repot menyetok dan mengemas barang karena semua itu sudah dilakukan oleh supplier sebagai penyedia barang.

Kelebihan dan Kekurangan Bisnis Dropship bagi Pemula

Setelah mengetahui pengertian dropship dan konsep serta sistem dari bisnis dropship, sebelum membahas lebih jauh cara berbisnis dropship dari tokopedia, kami akan menjelaskan terlebih dahulu kelebihan dan kekurangan bisnis dropship bagi pemula.

Kelebihan Bisnis Dropship bagi Pemula

Berikut beberapa kelebihan bisnis dropship yang akan anda dapatkan ketika menjalankannya.

Tidak Memerlukan Modal Besar Atau Bahkan Tanpa Modal

Bisnis dropship terkenal sebagai bisnis dengan modal minim karena anda tidak perlu membuat atau menyetok barang dagangan. Bahkan bisa jadi Anda tidak perlu mengeluarkan modal berapapun jika menggunakan teknik marketing gratisan dengan sistem dropship ini.

Dengan menggunakan sistem dropship, anda tidak membutuhkan stok barang di toko Anda dengan begitu Anda bisa menghemat pengeluaran untuk belanja bahan, gaji karyawan produksi, bahkan Anda jadi tidak perlu keluar uang untuk gudang ataupun tempat produksi.

Tidak Perlu Repot Mengurus Stok Barang

Seperti yang sudah kami jelaskan sebelumnya, dengan menggunakan sistem dropship anda tidak perlu repot mengurus stok barang dagangan karena stok barang sudah menjadi urusan supplier. Jadi, dengan begitu Anda bisa memfokuskan pikiran dan tenaga Anda untuk pemasaran dan list building yang memang wajib anda lakukan agar dagangan laris manis.

Pastikan anda mencari supplier yang kompeten agar tidak terjadi miskomunikasi dengan supplier perihal stok barang dagangan. Sebisa mungkin carilah supplier yang memang berpengalaman dan handal dalam supply barang untuk para reseller dan dropship. Lebih baik anda menghindari supplier yang sifat produknya Pre Order atau anda harus menunggu produksi dulu setelah customer membayar, baru barangnya dikirim. Hal ini karena sistem Pre Order yang diterapkan oleh supplier akan memperlama proses delivery barang kepada pembeli.

Praktis

Bisnis dropship juga dapat dikatakan sebagai bisnis yang terbilang praktis. Tugas Anda hanya tinggal copy paste produk beserta keterangannya ke toko online milik anda, kemudian iklankan dan promosikan. Lakukan promosi setiap hari agar nanti customer akan datang dengan sendirinya.

Resiko Sangat Kecil

Risiko menjalankan bisnis dropship juga sangat minim sekali karena anda tidak perlu memproduksi barang sendiri. Jadi, ketika bisnis dropship mengalami kendala dan tidak jalan Anda tidak perlu pusing menghabiskan sisa stok barang dan juga gaji karyawan yang terlanjur produksi.

Bisa Dijalankan Di Mana Pun

Karena bisnis online dropship sangat praktis dan hanya tinggal memasarkan produk orang lain saja. Anda jadi memiliki waktu dan tempat yang sangat fleksibel untuk bekerja dimana saja dan tidak terikat waktu. Anda bisa memulai bisnis dropship ini dari rumah Anda sendiri atau Anda juga bisa mengerjakan orderan bisnis online sambil nongkrong di kafe favorit anda. Selain itu, Anda sambil menunggu anak Anda pulang dari sekolah, oleh karena itu bisnis online dropship ini sangat cocok sekali bagi anda para ibu rumah tangga yang bosan hanya mengurus rumah tangga dan ingin penghasilan tambahan selain dari suami tentunya.

Kekurangan Bisnis Dropship

Walaupun memiliki banyak kelebihan, namun yang namanya bisnis pasti juga memiliki kekurangan. Tidak ada bisnis yang selalu memiliki kelebihan atau keuntungan, pastinya juga ada kekurangan terbersit di dalamnya. Begitu juga dengan bisnis Dropship yang juga memiliki kekurangan atau kelemahan. Terdapat beberapa kelemahan yang harus Anda ketahui sebelum memulai bisnis dropship. Apa saja itu? berikut beberapa kekurangan bisnis dropship.

Tidak Memiliki Akses Untuk Memantau Stok Produk

Karena semua stok produk ada di supplier, hal ini akan membuat Anda tidak memiliki kuasa untuk mengecek stok produk tinggal berapa di supplier. Jadi, risiko stok habis bisa saja terjadi karena bisa jadi pagi hari stok masih ada 100 pcs, sore harinya tinggal 50 pcs saja. Yang lebih parahnya, bisa jadi pagi stok barang masih ada, sorenya sudah Sold Out. Oleh karean itu, pastikan anda harus membiasakan diri dengan ketidakpastian semacam ini.

Keuntungan Kecil

Supplier biasanya akan memberikan keuntungan yang sangat kecil untuk para dropshiper. Hal ini akan berbeda jika Anda bertindak sebagai Reseller. Namun, mesipun demikian bukan berarti Anda harus kulakan barang dari supplier untuk dijadikan stok di tempat Anda atau memproduksi produk sendiri.

Oleh karena itu, Anda harus pandai-pandai dalam memasarkan produk karena keuntungannya kecil. Sehingga walaupun memiliki keuntungan yang kecil jika diakumulasi maka akan menjadi keuntungan besar, seiring dengan meningkatnya jumlah barang yang terjual.

Sulit Menjual Barang Yang Belum Pernah Dipegang

Menjual produk secara dropship juga memiliki kekurangan kareana Anda bisa jadi tidak tahu bagaimana kualitas barang yang akan dikirim nantinya karena barang ada di supplier. Pada kondisi seperti inilah kepercayaan Anda kepada supplier Anda harus diuji. Apabila nanti ada cacat terbersit pada produk atau barang yang dikirim oleh supplier, Anda harus mempersiapkan diri untuk menerima complain dan ganti rugi untuk customer.

Jadi ada baiknya Anda mencoba membeli barang supplier untuk dipakai sendiri sebelum menjalin kerja sama dengan customer. Hal ini bertujuan untuk mengetahui seberapa cepat mereka mengirim barang, dan bagaimana kualitas barang itu sendiri saat sudah dipakai.

Resiko Komplain Customer Meningkat

Kekurangan bisnis online dropshipper yang selanjutnya mengacu ke poin nomor 3. Anda tidak bisa memiliki kontrol untuk stok barang dan mengecek kondisi barang Karena stok barang ada pada supplier dan anda tidak memegang dan mengetahui secara pasti bentuk fisik dari barang. Selain itu bisa jadi Anda akan mengalami kehabisan barang padahal sudah dibayar oleh customer karena Anda tidak memiliki akses untuk update jumlah stok barang.

Beberapa kekurangan bisnis online dropship ini, mewajibkan Anda untuk siap dan tahan mental untuk menghadapi komplain customer setelah barang sampai. Hal ini wajar karena memang setiap customer tentu menginginkan barang cepat sampai dalam kondisi bagus. Namun ketika Anda berada di posisi sebagai seorang dropshipper, bisa saja hal ini akan sedikit sulit untuk lakukan.

Oleh karena itu, jangan terlalu lama berkecimpung di bisnis dropship dan sebisa mungkin sisihkan pendapatan dan sebagian keuntungan yang anda miliki untuk membeli produk langsung dari supplier. Dengan begitua, Anda bisa memantau stok dan kondisi barang Anda sendiri. Namun, hal ini bisa anda lakukan nanti, ketika sistem pemasaran Anda sudah berjalan. Sehingga dengan begitu fokus Anda tidak terpecah-pecah antara marketing dengan produk.

Langkah Sukses Berbisnis Dropship dari Tokopedia

Dropship dari Tokopedia

Seiring waktu berbisnis dropship semakin berkembang pesat dan sekarang cukup mudah untuk menemukan pedagang dan supplier yang menggunakan sistem dropship di Indonesia. Salah satu cara mendapatkan pedagang dan supplier yang terpercaya untuk berbisnis dropship yaitu dengan mencarinya di situs Tokopedia.

Banyak sekali pedagang yang menjual barang mereka di tokopedia dan kita cukup melihat pedagang yang mempunyai track record yang bagus dan pelayanan yang cepat. Tidak lah mudah dalam berbisnis dropship dari tokopedia menemukan pedagang yang bagus dengan pelayanan yang cepat walaupun sudah disediakan fitur khusus yang menjamin barang sampai ditempat karena terkadang masih ada juga pendagang nakal di tokopedia. Oleh karena itu ada baiknya anda bisa ikuti panduan yang saya berikan agar sukses berbisnis dropship dari Tokopedia.

Mencari Supplier Yang Terpercaya

Salah satu hal terpenting dalam sukses berbisnis dropship adalah dengan mencari supplier yang bisa anda percaya dan cepat dalam pelayanan. Tidak mudah menemukan kriteria supplier dropship bagus tetapi kita bisa memilih supplier mana yang cocok berbisnis dengan anda.

Berikut adalah beberapa tips mencari supplier dropship dari tokopedia.

  • Cari pedagang yang mempunyai testimoni yang bagus dalam setiap penjualan mereka di tokopedia;
  • Perhatikan keaktifan calon supplier anda di tokopedia karena semakin aktif pedagang tersebut biasanya mereka adalah pedagang yang bagus;
  • Lihat keterangan dari informasi toko online mereka di tokopedia berupa alamat, nomor layanan, dan juga kualitas produk yang dijual;
  • Cobalah menjalin komunikasi kepada calon supplier dropship anda dan ini sangat penting karena anda bisa mengetahui seberapa bagus respon yang diberikan dari supplier tersebut;
  • Pastikan anda mengetahui kualitas dan info produk dari supplier sehingga anda dapat membantu anda untuk menjualkannya

Sekilas anda akan bisa memahami bagaimana menentukan supplier dropship untuk berbisnis online dan juga menemukan kecocokan dengan produk yang akan anda jual.

Cara Menjual Yang Tepat Di Internet

bagaimana anda menemukan market untuk memasarkan barang dropship anda? Dan Berita baiknya di internet anda tidak akan kesulitan untuk menemukan tempat menjual barang dropship karena anda bisa mulai memasarkannya ditempat yang disukai . Berikut beberapa tempat yang banyak dijadikan tempat menjual barang dropship.

Media Sosial

Banyak sekali tempat yang bisa anda jadikan untuk menjual barang dropship salah satunya di media sosial seperti facebook dan Instagram. Keuntungannya menjual barang dropship di media sosial adalah cukup mudah dan gratis, anda hanya perlu membuat status jualan anda dan mulai berkomunikasi dengan setiap orang yang menanyakan produk yang anda tawarkan.

Seperti di facebook anda bisa memanfaatkan banyak pertemanan di facebook untuk promosi jualan anda dan juga seperti di group facebook khusus yang mempunyai minat yang sesuai dengan produk yang anda jual. Anda bisa memanfaatkan iklan facebook dan pastikan anda mengetahui tips pasang iklan di facebook agar penjualan produk meningkat.

Forum Jual Beli

Di Indonesia forum jual beli sepertinya tidak terlalu ramai seperti pemasaran di media sosial tetapi perlu juga diketahui terkadang ada beberapa forum yang memiliki kunjungan yang ramai seperti fjb kaskus dan Forum tersebut biasanya sudah menyediakan tempat lapak jualan untuk para pedagang menjual barang mereka di forum tersebut. Cobalah untuk daftar di forum jual beli untuk menawarkan dagangan anda.

Toko Online

Menggunakan website toko online adalah salah satu cara yang bagus untuk sukses berbisnis dropship karena disamping mempunyai etalase sendiri dari produk yang anda jual juga akan meningkatkan kepercayaan dan terlihat lebih profesional.

Anda bisa mempromosikan toko online anda ke media sosial , forum jual beli atau juga kepada teman teman anda. Karena dengan memiliki toko online sama seperti anda mempunyai toko sendiri dan bisa diatur sendiri.

KESIMPULAN

Berbisnis online dengan cara dropship di indonesia sangat menjanjikan untuk anda coba lakukan karena selain mudah bisnis dropship juga dapat memberikan penghasilan yang cukup besar. Banyaknya peluang pasar di internet yang bisa anda manfaatkan untuk menawarkan barang dropship anda. Oleh sebab itu anda dapat memanfaatkan peluang berjualan dengan cara dropship untuk mendapatkan penghasilan dari bisnis online di internet.

Jika anda menyukai artikel cara sukses berbisnis dropship dari tokopedia silahkan berikan komentar anda dan share blog ini ke temen temen anda untuk mendapatkan informasi terbaru seputar bisnis online di Indonesia. Semoga artikel ini bermanfaat bagi anda semua yang sedang bingung bagaimana cara berbisnis dropship dari tokopedia atau yang lainnya. Terimakasih.

Leave a Reply