4 Peluang Usaha Berpotensi Sukses dan Yang Cocok di Desa Terpencil

4 views

Memiliki bisnis di desa terpencil yang baru berkembang adalah peluang usaha yang masih sangat besar potensinya yang cocok untuk pengusaha pemula dengan modal kecil bahkan tanpa modal. Bagi anda yang kebetulan pindah maupun memang menetap di sebuah desa terpencil tentunya akan jauh lebih sulit jika ungin membuka sebuah peluang usaha bukan?

Peluang Usaha Berpotensi dan Yang Cocok di Desa Terpencil

Karena kebanyakan orang akan berfikir bahwa membuka sebuah usaha harus di daerah yang ramai akan penduduk, memiliki kemudahan berkoneksi dan terhubung dengan berbagai mitra usaha lainnya.

Peluang usaha yang cocok di desa terpencil

  1. Peternakan

Pastinya akan membutuhkan sebuah lahan yang lumayan luas jika anda membuka usaha peternakan. Ini adalah sisi positif jika anda membuka usaha peternakan di sebuah desa terpencil karena populasi masyarakatnya tidak akan sepadat kota besar. Ini memungkinkan lahan yang tersedia masih optimal untuk mebuka sebuah peternakan. Anda bisa memilih berbagai jenis hewan ternak yang akan anda pelihara. Semua jenis hewan ternak memiliki potensi dan keuntungan sendiri bagi para peternaknya. Misalnya saja ketika anda memilih beternak sapi, maka anda bisa memanen keuntungan ketika para sapi telah siap diambil dagingnya.

  1. Pertanian

Seperti halnya perternakan, akan banyak tersedia lahan pertanian yang optimal untuk anda kelola. Tentunya tidak akan sesulit mengelola pertanian di kota dimana akan sangat terbatas lahan yang bisa digunakan karena kepadatan penduduk yang melebih sebuah desa terpencil. Tidak terlalu merepotkan untuk mengelola sebuah usaha pertanian. Anda hanya perlu menyiapkan lahan pertanian, para pekerja, pupuk dan berbagai sarana lainnya seperti racun tikus untuk pengoptimalan hasil panen nantinya. Sektor pertanian merupakan salah satu peluang usaha yang cocok di desa terpencil yang banyak di sarankan.

Baca juga :

Usaha Rumahan di Desa Untuk Pemula

  1. Perkebunan

Beberapa jenis perkebunan yang sangat di gemari oleh para pengusaha adalah kebun buah, kebus sawit maupun kebun para. Berbagai jenis perkebunan ini tentunya menawarkan potensi yang besar bagi para pengelolanya jika di rawat dengan baik. Misalnya saja perkebunan kelapa sawit yang sedang digandrungi saat ini.

Kelapa sawit tidak membutuhkan berbagai perawatan khusus. Anda hanya perlu merawatnya dengan cara membersihkan kebun, membuang dahan yang telah mati dan melakukan proses pemupukan. Perkebunan buah juga tidak kalah menguntungkan, misalnya saja anda memiliki dan menanam berbagai jenis buah-buahan yang memiliki standar permintaan pasar yang tinggi.

  1. Budidaya

Ada banyak jenis hewan yang bisa anda lakukan pembudidayaannya. Seperti ikan, burung dan berbagai jenis pakan. Budidaya ikan misalnya, akan tetap memberikan keuntungan kepada anda. Selain dengan adanya masa panen, anda bisa menawarkan kolam pemancingan bagi para penduduk desa agar tidak sekaligus melakukan panen danmenghabiskan seluruh ikan di dalam kolam pemeliharaan. Burung kicauan juga semakin marak di budidayakan sekarang ini.

Nilai jual yang relatif tinggi dan semakin banyaknya pembeli yang mencari burung kicauan yang bagus menjadi 2 alasan utama menjamurnya peternak burung kiacauan saat ini. Bahkan tidak jarang pembeli rela merogoh kantong lebih dalam hanya demi mendapatkan burung kicauan yang berkualitas baik. Inilah mengapa budidaya masih termasuk salah satu peluang usaha yang cocok di desa terpencil yang pastinya sangat cocok dan menguntungkan.

Dan kriteria-kriteria tersebut tentunya sangat tidak mungkin terpenuhi di daerah terpencil. Namun, bukan berarti anda tidak bisa menjalankan sebuah usaha sama sekali. Masih banyak peluang usaha yang bisa dijalankan bahkan di daerah desa terpencil sekalipun. Asalkan anda mengetahui trik dan konsisten dalam mengembangkan usaha tersebut.